Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi sebagian Muslim, mendamaikan keyakinan agama mereka dengan gaya hidup vegan bisa jadi sulit, karena makan daging adalah bagian dari budaya Muslim. Dalam Islam, mengkonsumsi daging yang telah dilegalkan oleh agama merupakan salah satu bentuk rasa syukur. Inilah sebabnya mengapa sebagian Muslim percaya bahwa menolak apa yang diizinkan oleh firman Tuhan adalah haram, bertentangan dengan kehendak Tuhan.

Tetapi itu tidak berarti menjadi vegan sebagai seorang Muslim tidak dapat dilakukan, terutama karena semakin banyak orang di seluruh dunia beralih ke pola makan nabati yang fleksibel. Bahkan ada laporan yang menunjukkan bahwa jumlah Muslim vegan terus meningkat, sebagian karena kaum muda semakin peduli dengan kesejahteraan hewan dan perubahan iklim. Inspirasi menu ramah vegan yang bisa dipraktikkan selama Ramadhan antara lain,

Kacang Dadar

Muzammil Ahmad, mahasiswa kedokteran yang telah menerapkan pola makan vegan, mengatakan menu ini menjadi alternatif terbaik baginya, karena selain bergizi, makanan berbahan dasar telur ini sangat mengenyangkan dan membantunya tetap bertenaga selama berpuasa.

“Saat tumbuh dewasa, saya akan bangun di pagi hari sebelum matahari terbit selama Ramadan dan menantikan omelet yang akan saya makan untuk sarapan bersama keluarga saya. Setelah beralih ke pola makan nabati utuh dan menjadi vegan sepenuhnya, ini bukanlah suatu pilihan, ”jelas Muzammil yang juga bekerja sebagai pelatih nutrisi yang menjalankan dr. Populer. Blog nabati.

Menurut Ahmad, bagian terbaik dari menu ini adalah tidak ada hewan yang perlu mati untuk makanan ini, karena bebas dari bahan-bahan hewani.

Yogurt Tahu

Davina Goh, penulis blog makanan Davina Da Vegan, mengatakan bulan Ramadhan adalah momen yang memungkinkan sistem pencernaan beristirahat dari pekerjaan berat. Makanan yang mudah dicerna, seperti yogurt bebas susu akan memberikan energi agar tetap fit selama berpuasa tanpa perlu membebani sistem pencernaan yang berat.
“Menu ini sangat mudah dibuat dan enak dinikmati dengan buah dan granola untuk suhur yang penuh energi dan penuh energi untuk membantu menopang Anda berbuka puasa.”




Source