Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Puasa bukan berarti kurang olahraga. Di sisi lain, Ramadhan datang tidak menghalangi aktivitas kita.

    DR HM Briliantono M Soenarwo dalam bukunya The Fun Ramadan menjelaskan bahwa waktu yang disarankan untuk berolahraga adalah sore hari sekitar pukul 16.20 – 17.20. Olah raga di pagi hari juga tidak menjadi masalah, misalnya setelah shalat subuh. Misalnya dengan jalan-jalan keliling rumah atau berolahraga di halaman depan rumah, tulisnya.

    DR Briliantono melanjutkan, melaksanakan tarawih dengan baik dan tenang, termasuk olahraga dalam bentuk lainnya. Ini karena otot, persendian, dan tulang bekerja secara teratur. “Tidak hanya menyehatkan badan, tapi juga jiwa dan raga. Jika puasa kita benar, hasilnya raga dan jiwa kita akan selamat,” ujarnya.

    Berikut tipsnya

    Pagi

    Jalan-jalan santai di sekitar rumah

    Senam santai

    Sore

    Jalan-jalan atau jogging santai di sekitar perumahan

    melewatkan

    bulu tangkis atau bola basket

    “Tidak perlu setiap hari berolahraga sambil puasa, cukup 2-3 kali seminggu. Saat berbuka puasa usahakan jangan minum es tapi minum teh hangat. Makan 3-5 kurma atau makan sepiring kotak kecil, lalu bersiaplah untuk sholat. Maghrib, “tulisnya.




    Source