Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Trik dan perangkap setan dalam upaya menjerumuskan manusia ke jurang kehancuran termasuk dalam kasus niat berpuasa.

    Dikutip dari buku Setan Talbis Kiprah Ibnul Jauzi dengan pentahqiq Syekh Ali Hasan al-Halabi, tidak sedikit ahli ibadah yang dikenal selalu berpuasa sepanjang tahun, dan dia tahu bahwa amalannya diketahui di masyarakat sehingga dia tidak melanggar sedikitpun, itu Artinya, puasanya tidak pernah putus. Kalaupun dia tidak berpuasa, dia akan menyembunyikannya dari orang lain, agar reputasinya tidak jatuh.

    Ini termasuk riya yang tidak jelas. Karena jika dia ikhlas dan ingin menutupi hobinya dalam berpuasa, niscaya dia akan berbuka puasa di hadapan orang-orang yang mengetahui bahwa dirinya adalah orang yang berpuasa. Kemudian, dia kembali berpuasa tanpa ada yang tahu.

    Di antara jamaah ada yang mengabarkan kepada orang lain tentang puasanya. Dia berkata, “Saya belum pernah berpuasa selama 20 tahun.” Ya, iblis menipunya dengan membisikkan talbis: “Kamu perlu mengatakan ini kepada orang lain agar mereka mengikuti kamu.” Dan sungguh, Allah tahu lebih banyak tentang niat seseorang.

    Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sungguh, ada hamba yang biasa melakukan perbuatan secara sembunyi-sembunyi, kemudian iblis terus menggodanya sampai ia menceritakan hal itu, sehingga perbuatannya berpindah dari catatan rahasia menjadi catatan amal terbuka”.

    Beberapa dari mereka terbiasa berpuasa di hari Senin dan Kamis, dan ketika diundang ke jamuan makan, dia menjawab: “Ini hari Kamis.” Sebenarnya dengan menjawab, “Aku Puasa” saja, ini bisa menjadi batu ujian bagi keikhlasan puasanya, apalagi jika dia menjawab, “Ini hari Kamis”, yang artinya: “Aku dulu berpuasa setiap hari Kamis.”

    Orang lain suka merendahkan orang lain karena mereka sering berpuasa dan mereka tidak. Salah satu dari mereka selalu berpuasa tetapi tidak peduli makanan apa yang dipatahkannya (halal atau haram), tidak menghindar dari fitnah ketika berpuasa, tidak menghindar dari pandangan yang melanggar hukum, dan tidak menghindar dari kata-kata yang tidak berguna. Iblis telah menipunya dengan mengatakan: “Kepuasan Anda akan menangkal hukuman atas Anda.” Semua ini termasuk talbis setan.




    Source