Kilang Pertamina Balongan Mulai Produksi Bahan Bakar Lagi

Kilang Pertamina Balongan dikatakan sudah kembali beroperasi normal pasca kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Pasca kebakaran di area Tangki T-301, Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, kini kembali beroperasi normal. Sebelumnya, pasokan BBM untuk Jakarta dipenuhi dari kilang Pertamina lainnya seperti kilang Dumai, Cilacap, Balikpapan, dan TPPI Tuban.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ifki Sukarya, mengatakan selain memberikan perhatian penuh pada upaya penanganan dampak di masyarakat, Pertamina juga fokus memulihkan operasional kilang. Ini dilakukan setelah pemadaman normal dilakukan pada saat kejadian untuk meminimalkan dampak.

Ifki menjelaskan, tahap start up telah dimulai pada 31 Maret 2021 dengan merestart unit pengolah primer CDU (Crude Destilation Unit). Selanjutnya unit pengolah sekunder mulai secara bertahap dimulai dari unit RCC (Residual Catalytic Cracker) yang mengolah residu menjadi produk bernilai tinggi.

Pada 7 April, kilang sudah beroperasi normal. Begitu pula unit KLBB (Kilang Langit Biru Balongan) yang memproduksi produk BBM juga sudah beroperasi normal.

”Dengan memulai Kali ini Kilang Balongan akan mulai beroperasi dan kembali memproduksi produk kilang dimulai dari produksi BBM, ” kata Ifki dalam siaran persnya, Jumat (9/4).

Ifki menambahkan, Kilang Pertamina Balongan merupakan kilang dengan kapasitas pengolahan 125 ribu barel per hari atau setara 12% dari total kapasitas produksi nasional. Kilang tersebut memasok bahan bakar untuk DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat.

Kilang Pertamina Balongan dinilai memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas pasokan bahan bakar. Apalagi untuk Premium, Pertamax, dan LPG yang didistribusikan ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang menjadi sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia.

Produk utama Kilang Pertamina Balongan seperti Premium, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Avtur, LPG dan Propylene yang kesemuanya memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan pendapatan baik bagi PT Pertamina (Persero) maupun negara, ‚ÄĚkata Ifki. .




Source