Kisah Alumni BIPA UMM Menjadi Konsultan di KBRI

Di KBRI, Boramey kerap membantu WNI terkait permasalahan di Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Theng Chanboramey adalah orang asing yang tertarik dengan bahasa dan budaya Indonesia. Hal ini membuatnya menjadi mahasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ia mulai tertarik dengan budaya Indonesia saat mengikuti kelas bahasa Indonesia gratis di KBRI Kamboja. Awalnya diajak oleh seorang teman hingga akhirnya mengetahui berbagai program di KBRI Kamboja.

Boramey dikenalkan dengan budaya Indonesia yang menarik, seperti menampilkan seni budaya Indonesia dan mencicipi makanan khasnya. “Selain itu, KBRI juga sering menginformasikan kepada kami tentang beasiswa yang tersedia,” kata Boramey.

Setelah mengetahui informasi tersebut, ia memutuskan untuk mengajukan beasiswa ke UMM. Ia mengikuti program pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia selama satu tahun di BIPA UMM. Setelah pengumuman itu berlalu, Boramey semakin giat belajar bahasa Indonesia.

Ia juga mengaku keputusannya mendaftar di UMM bukan tanpa alasan. Boramey memang berniat mencari tempat yang tenang dan sejuk untuk belajar di Indonesia. Selain letaknya yang strategis, kampus ini juga sangat memperhatikan mahasiswa asing yang kuliah di UMM.

“Saya ditemani untuk mencari kost yang murah dan nyaman serta diajak berkeliling Kota Malang untuk mengenal lebih dalam tentang budaya Indonesia,” ujar wanita asal Kamboja ini.

Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kamboja tidak memungkiri bahwa pengalaman satu tahun beliau di Indonesia khususnya UMM sangat berarti. Dia bertemu orang baru, budaya baru, dan kebiasaan baru. Pada akhirnya, pengalamannya membantunya untuk bekerja di KBRI Kamboja sekarang.

Di KBRI, Boramey kerap membantu warga negara Indonesia (WNI) terkait permasalahan di Kamboja. Ini karena pengalamannya selama di Indonesia sangat membantunya untuk memahami mereka. Ia berharap BIPA UMM dapat terus menghasilkan pembicara-pembicara Indonesia yang handal di masa mendatang.



https://www.republika.co.id/berita/qudjg0399/cerita-alumnus-bipa-umm-jadi-konsultan-di-kbri