Kisah Bos Adaro yang Memasuki ICU dan Melawan Covid-19

    Bos Adaro dirawat di ICU selama 11 hari karena terpapar Covid-19.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir meminta seluruh masyarakat mewaspadai virus Covid-19. Pengusaha ini ternyata positif terjangkit Covid-19 pada November ini.

    Boy, panggilan akrab Garibaldi, bahkan mengaku harus dirawat di ICU selama sebelas hari karena terkena Covid-19. Dia berkata bahwa itu adalah hari terberatnya.

    “Jangan anggap enteng. Jangan remehkan karena saya sendiri pernah mengalaminya, itu sangat berat apalagi dalam kasus saya, saya dirawat di rumah sakit bahkan di ICU selama 11 hari. Jadi sekali lagi jaga kesehatan atau menerapkan protokol kesehatan, “kata Boy kepada media. , Senin (19/4).

    Boy menjelaskan bahwa menghadapi Covid-19 saat itu sulit, selain efek virus yang ada di tubuhnya, juga karena harus menjalani hari-harinya sendiri. Ia menuturkan, kondisi tersebut semakin membuat kondisinya semakin terpuruk dan semakin berat.

    “Kalau bisa berbagi sedikit, artinya memang saat saya menghadapi Covid-19 karena dulu kita menghadapinya sendiri, kita tidak punya keluarga, tidak punya anak, tidak ada istri yang bisa mendampingi kita,” kata Boy.

    Di tengah perjuangan melawan Covid-19, ia juga memikirkan cara agar bisnis tetap berjalan, terutama saat kondisi makro ekonomi sedang tidak kondusif. “2020 itu ujian berat buat saya. November sudah dilanda Covid-19. Kondisi makro ekonomi sudah tidak kondusif lagi. Saya kira tentu karyawan di lokasi, di Jakarta, di tempat lain, Batang, tapi ujiannya ada di bisnis,” ujarnya. kata.

    Boy juga mengatakan, proses pemulihan pasca sembuh dari Covid-19 juga lama. Bahkan tidak cuek karena siapapun bisa dipukul.

    “Nggak ada bisnis, kaya miskin, tua muda. Direktur atau karyawan, kalau bisa, dan kalau bisa jangan (Covid-19, red). Ujiannya berat,” ujarnya.




    Source