Kisah Dibalik Mundurnya Muhyiddin Yassin dari Ketua PM Malaysia: Ringgit Jatuh, Pasar Saham Jatuh

    TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR – Politisi senior Malaysia Muhyiddin Yassin akhirnya resmi mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri Malaysia, Senin (16/8/2021) kemarin setelah berbulan-bulan gejolak politik di negaranya.

    Ringgit Malaysia jatuh ke level terendah satu tahun karena berita dan pasar saham tergelincir.

    Pengunduran diri Muhyiddin Yassin diharapkan tidak menyelesaikan masalah. Ini diharapkan membuka babak baru ketidakstabilan politik di Malaysia tanpa pengganti yang jelas.

    Menurut Reuters, pengunduran diri Muhyiddin mengakhiri 17 bulan yang penuh gejolak di kantor, tugas terpendek seorang pemimpin Malaysia, tetapi menghambat upaya untuk memulai kembali ekonomi yang dilanda pandemi Covid-19.

    Muhyiddin Yasin

    Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mengangkat Muhyiddin sebagai perdana menteri sementara sampai yang baru ditemukan, tetapi tidak menetapkan batas waktu.

    Raja Al-Sultan Abdullah mengesampingkan pemilihan perdana menteri baru karena pandemi.

    Baca juga: Sejumlah alasan PM Muhyiddin mundur, disinggung ada pihak yang serakah ingin merebut kekuasaan

    Dia mengatakan dia akan menggunakan kekuatan konstitusionalnya untuk menunjuk seorang perdana menteri yang dia yakini kemungkinan akan memimpin mayoritas.

    Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Istana Nasional mengatakan Raja Malaysia telah menerima surat pengunduran diri dari Muhyiddin dan seluruh Kabinet efektif Senin.

    Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah
    Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (Bernama/IST)

    “Setelah pengunduran dirinya, Yang Mulia telah menyetujui Yang Mulia Tan Sri Mahiaddin bin Md Yasin akan menjabat sebagai perdana menteri sementara sampai perdana menteri baru diangkat,” kata Istana Nasional dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia.

    Sebelumnya, Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia, Khairy Jamaluddin menulis di Instagram:



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/08/17/kisah-di-balik-mundurnya-muhyiddin-yassin-dari-kursi-pm-malaysia-ringgit-runtuh-pasar-saham-jatuh