Klaim Asuransi Covid-19 Capai Rp 661 Miliar dari 9.128 Pemegang Polis

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Klaim asuransi yang telah dibayarkan untuk virus Covid-19 mencapai Rp 661 miliar sejak pertengahan Maret hingga Oktober 2020.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan klaim Rp 661 miliar tersebut berasal dari 9.128 pemegang polis.

“Meski pemerintah mengklaim Covid-19 sebagai pandemi, jika melihat kebijakannya, pandemi tersebut tidak boleh ditutup-tutupi. Namun, beberapa perusahaan anggota tetap berkomitmen kepada pemegang polis,” ujarnya dalam video conference, Rabu (14/4). / 2021).

Karenanya, Togar menjelaskan, meski Covid-19 merupakan jenis penyakit baru yang belum masuk polis, namun tetap dibayarkan kepada pelanggan.

Bahkan, kata dia, beberapa perusahaan asuransi jiwa belum lama ini mengeluarkan polis asuransi kesehatan yang khusus melindungi terhadap Covid-19.

Selain itu, lanjutnya, dalam situasi pandemi memang banyak keterbatasan yang dialami oleh perusahaan asuransi jiwa khususnya tenaga pemasaran.

“Yang dilakukan industri ini adalah beradaptasi dengan perubahan konsumen, langkah adaptif, dan meningkatkan kolaborasi. Dalam menyesuaikan dengan perubahan konsumen, perusahaan asuransi jiwa melakukan perubahan sistem operasional dan peningkatan kapasitasnya agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. , “Togar menyimpulkan.




Source