Klopp Puji Toni Kroos, Sebut Mirip Bernd Schuster

    Kroos telah menjadi salah satu talenta sepak bola Jerman terhebat sejak lama.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelatih Liverpool Juergen Klopp membandingkan gelandang Real Madrid Toni Kroos dengan Bernd Schuster sebagai dua pesepakbola Jerman yang relatif sukses berkarir di Spanyol. Klopp diminta berkomentar soal Kroos jelang Liverpool menjamu Real Madrid di Anfield pada leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis (15/4) WIB.

    “Oh, (Kroos) adalah salah satu talenta terbesar sepak bola Jerman sejak lama. Dia sudah menjadi pemain hebat sejak masih muda,” kata Klopp seperti dikutip di situs resmi Liverpool, Selasa (13/4) malam.

    Klopp kemudian mengenang karir Kroos yang dipimpin oleh akademi Bayern Munich, setelah direkrut dari akademi Hansa Rostock. Setelah kembali dari masa peminjamannya di Bayer Leverkusen, Klopp menilai Kroos bermain bagus bersama Munich sebelum mengambil langkah berani dengan pindah ke raksasa Spanyol untuk menjadi salah satu pemain tersukses di dunia, baik di level klub maupun internasional. Dia membantu Jerman memenangkan Piala Dunia 2014.

    “Tentu karir yang sangat sukses sejauh ini dan dia belum terlalu tua, saya pikir masih banyak yang bisa diraih Kroos dalam karirnya,” kata Klopp.

    Meski tidak mengenal satu sama lain secara dekat, Klopp melihat Kroos sebagai sosok yang dikaguminya terutama karena kemampuan sepak bolanya, yang menurutnya mirip dengan Schuster. Schuster menghabiskan setidaknya 13 tahun di Spanyol, membela Barcelona selama 1980-1988, Real Madrid (1988-1990), dan Atletico Madrid (1990-1993).

    Dengan Barcelona Schuster memenangkan enam trofi, termasuk satu gelar liga. Di Real Madrid ia memenangkan empat trofi, termasuk dua gelar liga. Sedangkan di Atletico, Schuster memiliki dua medali Copa del Rey.

    “Kemampuan Kroos sangat jelas, saya tidak tahu apakah Anda mengenal Bernd Schuster, pemain Jerman lain yang cukup sukses di Spanyol,” jelas Klopp. “Mereka memiliki gaya permainan yang sama, tapi rasanya Toni lebih dinamis, lebih cepat. Mungkin bukan pelari cepat, tapi Kroos sulit dijaga dan mampu mengubah arah permainan dengan umpan-umpannya dari daerahnya sendiri. Pertahanan, bahkan di sepertiga akhir lapangan dia juga pandai melihat celah, umpan atau ruang tembak. ”

    Di leg pertama, Liverpool merasakan kualitas Kroos secara langsung, yang juga mencatatkan satu assist saat Real Madrid menang 3-1 di Alfredo Stadium di Stefano, sepekan lalu.

    sumber: Antara




    Source