KNPI Ajukan Proklamasi dan Sumpah Pemuda Diikutsertakan dalam Sosialisasi 4 Rukun Kebangsaan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021, DPP KNPI akan mengusulkan Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Sumpah Pemuda 1928 untuk dimasukkan dalam Sosialisasi Rukun Nasional atau 4 Pilar MPR-RI.

Sehingga materi Sosialisasi 4 Rukun Kebangsaan atau 4 Rukun MPR RI yang selama ini terdiri dari 1) Pancasila, 2) Negara Kesatuan Republik Indonesia, 3) UUD 45 dan 4) Bhineka Tunggal Ika.

Sehingga akan diusulkan untuk disempurnakan menjadi “Sosialisasi Pancasila dan 5 Rukun Kebangsaan” yang terdiri dari:

Pancasila sebagai Dasar Negara yang ditopang oleh 5 Pilar Nasional, yaitu:

1. Sumpah Pemuda sebagai ikrar persatuan bangsa menuju Indonesia merdeka.

2. Proklamasi sebagai pernyataan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Dies Natalis ke-48, KNPI Serukan Pengibaran Bendera Merah, Indonesia Lawan Covid-19

3. Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara.

4. UUD 45 sebagai konstitusi
negara.

5. Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan persatuan.

Inti dari usulan tersebut adalah agar Pancasila ditegaskan kembali sebagai dasar negara yang merdeka dan bukan sebagai pilar bangsa.

Kemudian selain itu Proklamasi dan Sumpah Pemuda diusulkan untuk masuk dalam Rukun Bangsa yang menjadi bahan sosialisasi MPR RI.

Gagasan penyempurnaan “Sosialisasi 4 Rukun Kebangsaan” menjadi “Sosialisasi Pancasila & 5 Rukun Kebangsaan” menjadi salah satu materi utama dalam buku yang berjudul “Haris Pertama, Pemecah Kebuntuan Gerakan Pemuda Pasca Reformasi. ” ditulis oleh Liga Alam M.

Sebagai tindak lanjut, DPP KNPI akan membentuk Pansus DPP KNPI untuk membuat proposal formal kepada Pemerintah dan memfasilitasi kajian akademik, bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Baca juga: Mensos dan Pejabat Eselon I Ikut Hormat dalam Upacara Proklamasi dan Penurunan Bendera

Untuk itu, DPP KNPI juga akan melakukan audiensi dengan Pimpinan MPR RI, Pimpinan DPR RI, Gubernur Lemhanas dan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

“Kita berharap negara mengakomodir peran pemuda dalam sejarah kebangkitan bangsa, sehingga diabadikan dalam materi sosialisasi pilar-pilar kebangsaan. Begitu juga dengan Proklamasi Kemerdekaan, agar masyarakat dan generasi memahami pentingnya bahasa Indonesia. Kemerdekaan dan bagaimana peran Proklamator kita, Bung Karno – Bung Hatta,” kata First Harris.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/01/knpi-usulkan-proklamasi-dan-sumpah-pemuda-masuk-dalam-sosialisasi-4-pilar-kebangsaan