Konten Video Game Semakin Populer di TikTok

    Fitur di TikTok mendukung gamer menggunakan format video pendek.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — TikTok SEA, ANZ, dan South Asia Business Development Director Vanessa Brown mengatakan konten video game semakin populer di TikTok. Hal ini menandai perkembangan e-sports yang sangat pesat, khususnya bagi kaum milenial dan Generasi Z. Menurutnya, game telah melahirkan orang-orang yang sangat kreatif dalam menemukan cara terbaik untuk membuat dan melihat konten baru tentang game favoritnya.

    “TikTok membuat gamer bisa menggunakan format video pendek untuk fokus pada momen-momen tertentu, pemain, dan hal-hal lain di dalam game,” kata Vanessa dalam konferensi pers peluncuran virtual “The Greatest Gamer”, Kamis (2/9).

    Ia menambahkan, tingginya popularitas konten video game di TikTok juga menjadi sinyal bahwa para gamer telah menemukan rumah baru untuk menunjukkan kreativitasnya. Hal ini terlihat dari banyaknya variasi konten game yang diunggah di TikTok, mulai dari konten cosplay hingga karakter game tertentu hingga konten mabar atau bermain bersama dari para pecinta game.

    Kemudian, Head of Esports EVOS Aldean Tegar mengatakan, popularitas konten game di platform media sosial seperti TikTok bisa terjadi karena adanya pergeseran situasi sejak pandemi berlangsung. Menurutnya, pandemi menghadirkan tantangan di industri e-sports, baik dari pemain maupun penyelenggara turnamen.

    “Contoh dari EVOS sendiri misalnya interaksi tatap muka yang sebelumnya lebih intens dikurangi dan diganti dengan interaksi berbasis online,” kata Aldean.

    Melihat banyaknya konten video game yang diunggah di TikTok, Vanessa mengatakan akan terus mendukung komunitas gaming, salah satunya melalui kompetisi “The Greatest Game Indonesia” yang telah memulai audisinya sejak 1 September 2021.

    “Kami akan selalu mendukung program-program terkait di masa mendatang,” kata Vanessa.

    “Kami juga akan terus melihat apakah ada kemungkinan untuk membuat game kami sendiri di TikTok,” tutup Vanessa.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qytgh0463/konten-video-game-kian-populer-di-tiktok