Krisis Uang, KBB Akan Sembelih Angsa Untuk Pakan Ternak

    KBB mengajak warga yang ingin membantu memberi makan hewan untuk datang langsung.

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebun Binatang Bandung (KBB) mengalami krisis keuangan akibat dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai 3 Juli hingga awal Agustus. Agar beberapa hewan masih bisa makan, angsa dan rusa akan dikorbankan.

    Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan, objek wisata kebun binatang itu mengalami krisis akibat tidak beroperasinya selama masa PPKM selama pandemi Covid-19. Jika PPKM berlanjut, pihaknya berencana mengorbankan hewan seperti rusa dan angsa untuk memberi makan hewan liar.

    “Itu skenario terburuknya, kalau ditutup seperti ini,” ujarnya, Kamis (29/7). Ia mengatakan, kebutuhan pakan seluruh satwa di Kebun Binatang Bandung mencapai Rp 350 juta.

    Jika PPKM berlanjut, kata dia, rencana tersebut bisa terwujud untuk menyelamatkan empat macan tutul Jawa dan dua harimau sumatera. Ia juga berencana berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

    “Jadi kalau kita butuh waktu sebulan atau lebih pada September untuk berkoordinasi dengan BKSDA, beginilah cara kita ingin menyembelih hewan-hewan ini untuk karnivora,” katanya. Sebanyak 39 angsa dan 30 rusa tutul.

    Sulhan mengatakan selama ini dia berurusan dengan memberi makan hewan karnivora mulai dari daging sapi hingga ayam lebih banyak. Kebutuhan rumput tambahan untuk pakan gajah diperoleh dengan meminta bantuan karyawan untuk mencarinya.

    Ia mengatakan, dampak dari taktik tersebut terlihat seperti kondisi hewan yang kurus namun tetap sehat. Mereka membuat taktik untuk mengurangi pengeluaran.

    “Dulu misalnya 10 kilo daging sapi, 50 persen daging sapi dan 50 persen ayam, kami kurangi daging sapi menjadi 3 kilo dan sisanya ayam, ini akan sangat mengurangi biaya modifikasi,” katanya.

    Sulhan mengatakan harimau sumatera mengkonsumsi 8 kilogram daging setiap kali makan, terdiri dari daging sapi dan ayam. Sedangkan kebutuhan untuk jenis tutul adalah 3 sampai 4 kilogram dengan komposisi daging sapi 1,5 kilogram dan sisanya ayam. Selain itu ia memiliki empat singa dan tiga harimau Bengal.

    Di tengah kondisi saat ini, Kebun Binatang Bandung terbantu dengan mendapatkan donasi buah dan sayur dari masyarakat, komunitas dan instansi. Pihaknya mengajak masyarakat umum yang ingin memberikan bantuan sembako untuk datang langsung ke Kebun Binatang Bandung.

    Sulhan berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan kondisi Kebun Binatang Bandung yang saat ini dalam kondisi terdampak Covid-19. Termasuk memikirkan bersama upaya yang bisa dilakukan untuk hewan.



    https://www.republika.co.id/berita/qwzwrc328/krisis-uang-kbb-akan-sembelih-angsarusa-untuk-pakan-hewan