KSAD Lepas 100 Personil ke Amerika Untuk Latihan Garuda Airbone

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melepas 100 personel Angkatan Darat ke Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat. Mereka akan mengikuti pelatihan bersama ‘Garuda Airborne’.

    “Ini suatu kehormatan bagi kami. Kami semua beruntung bisa berlatih di Fort Bragg, California Utara, yang merupakan lokasi Komando Operasi Khusus yang menjadi pusat keberadaan pasukan elit Angkatan Darat Amerika Serikat,” kata Andika, Rabu (4/8).

    Latihan gabungan dengan Garuda Airborne akan melibatkan Divisi Lintas Udara ke-82 Angkatan Darat Amerika Serikat. Kegiatan tersebut berlangsung selama 18 hari sebelum melakukan joint dive di Baturaja, Sumatera Selatan.

    Andika menegaskan, setiap personel yang terlibat dalam latihan bersama dengan Garuda Airborne mengemban misi menjalin networking atau jejaring antar personel. Sebab, hubungan pertemanan pasti bermanfaat dan membantu saat menghadapi suatu masalah.

    “Jadi, teman-teman, ingatlah bahwa misi Anda adalah networking. Saya ingin semua orang bicara nanti, bukan hanya penerjemah,” kata Andika.

    Di bawah kepemimpinan Jenderal TNI Andika Perkasa, TNI AD sering melakukan latihan militer bersama antar negara untuk membangun hubungan militer. Misalnya dengan Angkatan Darat Amerika Serikat, ini bukan pertama kalinya acara ini diadakan.

    “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh US Army untuk melakukan latihan bersama dengan Garuda Airborne. Kegiatan ini merupakan hal yang penting, dan saya berharap bisa mendapatkan pengalaman baru satu sama lain,” ujarnya.

    Sementara itu, Wakil Komandan (Wadan) Yonif 305 Raiders/Tengkorak Mayor Inf Eko Damuna Prasetyo mengatakan 100 personel TNI yang terlibat merupakan gabungan 89 perwira, bintara, dan tamtama dari satuan Kostrad. “Kemudian 11 orang dari perwakilan masing-masing Kodam,” ujarnya.

    https://repjabar.republika.co.id/berita/qxbdlp396/ksad-lepas-100-personel-ke-amerika-latihan-garuda-airbone