KTT ASEAN Bahas Kondisi Myanmar yang Akan Diadakan Sore Ini

Laporan Jurnalis Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) akan digelar hari ini di Jakarta, Sabtu (24/3/2021).

Sejumlah pemimpin negara telah hadir di Jakarta sejak kemarin, antara lain Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Pemimpin Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah.

“Sampai saat ini sudah ada 3 pemimpin yang menyatakan tidak bisa hadir, yaitu Thailand, Laos, dan Filipina,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam jumpa pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (23/4/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Youtube Sekretariat Presiden)

Pertemuan antar pemimpin ASEAN, kata Retno, merupakan pertemuan fisik pertama sejak dunia dilanda Pandemi Covid-19. Pertemuan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta.

“Jika kita melihat kembali ASEAN Leaders ‘Meeting, ini merupakan inisiatif Indonesia dan tindak lanjut pembicaraan antara Presiden RI dengan Sultan Brunei Darussalam selaku ketua ASEAN,” ujarnya.

Retno mengatakan pertemuan para pemimpin ASEAN membahas kondisi politik dan keamanan di Myanmar. Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik, kata dia, merupakan cerminan kepedulian ASEAN yang mendalam atas situasi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini.

“Kami tentu berharap Pertemuan Pimpinan ASEAN besok akan mencapai kesepakatan tentang langkah-langkah baik bagi rakyat Myanmar dan membantu Myanmar keluar dari situasi yang kacau ini,” pungkasnya.




Source