Kulon Progo Akan Menerapkan Simulasi PTM Dalam Waktu Dekat

Simulasi pembelajaran tatap muka untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta akan melaksanakan simulasi pembelajaran secara tatap muka. Simulasi dilakukan di fasilitas PAUD, SD dan SMP di masing-masing kecamatan.

“Simulasi pembelajaran tatap muka ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo Arif Prastowo di Kulon Progo, Kamis (8/4). ).

“Rencananya simulasi akan dilakukan dalam waktu dekat, setelah melihat perkembangan tambahan kasus Covid-19,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pembelajaran tatap muka rencananya akan dilaksanakan sepenuhnya pada Tahun Ajaran 2021/2022 yang akan dimulai pada Juli mendatang.

Menurutnya, pemerintah daerah telah menyiapkan pembelajaran tatap muka di fasilitas PAUD, SD dan SMP, termasuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan protokol kesehatan.

“Pembelajaran tatap muka sudah kami siapkan sejak Desember 2020, karena diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PPKM), simulasi ditunda hingga saat ini,” ujarnya.

Arif mengatakan, pembelajaran tatap muka akan dilakukan setelah guru dan tenaga kependidikan menjalani vaksinasi Covid-19. Syaratnya guru harus divaksinasi, katanya.

Menurut Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, kata dia, vaksinasi guru SD hingga SMA akan dilakukan pada April mendatang.

Bupati Kulon Progo Sutedjo menegaskan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 harus dilakukan saat tatap muka. “Kami hanya berpesan agar tidak ada cluster Covid-19 yang menyebar di dunia pendidikan,” ujarnya.

sumber: Antara




Source