Kunto Aji: Hadirnya aplikasi music streaming menguntungkan musisi

    Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Banyaknya platform streaming musik saat ini memudahkan para musisi atau siapa saja yang ingin menghasilkan karya tanpa harus melalui label.

    Penyanyi asal Yogyakarta, Kunto Aji mengatakan, kini semua orang bisa berkreasi dengan mudah.

    Apalagi jika karyanya bagus dan diterima publik, tidak menutup kemungkinan seseorang akan diperhatikan oleh labelnya dan membuat album pertamanya.

    “Menurut saya kondisinya membaik (saat ini industri musik), karena tidak hanya satu pintu, ada banyak platform streaming musik yang sangat mendukung kami sebagai musisi lokal,” kata Kunto Aji saat konferensi pers virtual baru-baru ini.

    Baca juga: Kunto Aji Kenang Menang Lomba Makan Kerupuk, Ternyata Alasannya Lucu

    “Baik melalui label atau mandiri untuk bisa memasukkan karyanya ke pendengar,” tambahnya lagi.

    Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Blue Pilu – Kunto Aji, Kunci Gitar Mudah Dimainkan

    Menurut pelantun ‘Too Long Alone’ itu, musisi Indonesia kini sudah mandiri. Karena di era sekarang ini, segala sesuatunya mudah untuk diproduksi dan mudah untuk menampilkan karyanya kepada pendengar.

    “Jadi mungkin ada sisi kemerdekaannya, jadi istilahnya sekarang kondisinya lebih beragam, lebih variatif dan peluangnya hampir sama untuk semua orang,” pungkasnya.

    Selain itu, Kunto Aji memulai karirnya di bidang tarik suara dengan menjadi finalis ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol pada tahun 2008.

    Ia juga pernah meraih beberapa penghargaan di industri musik tanah air, seperti Indonesia Choice Awards untuk kategori Song of the year tahun 2015, dan Indonesian Music Award untuk artis solo pop pria terbaik tahun 2019.

    Ia juga sering membintangi beberapa film seperti Senggol Bacok pada tahun 2010 dan Kinetik pada tahun 2017.



    https://www.tribunnews.com/seleb/2021/08/15/kunto-aji-kehadiran-aplikasi-streaming-musik-untungkan-musisi