Lampung Tengah Kembangkan Desa Wisata Budaya Kreatif

    Lampung Tengah memiliki beberapa peninggalan sejarah yang bisa dieksplorasi.

    REPUBLIKA.CO.ID, LAMPU TENGAH –– Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah segera membangun desa wisata budaya kreatif di kawasan Terbanggi Besar. Daerah tersebut memiliki peninggalan sejarah.

    “Saya dan Bupati Musa Ahmad ingin mewujudkan Lampung Tengah sebagai kabupaten terbaik di Provinsi Lampung. Salah satunya dengan mengembangkan Kampung Terbanggi Besar menjadi destinasi wisata budaya karena memiliki nilai sejarah dan peninggalan,” kata Wakil Bupati Lampung Tengah. , Dr Ardito Wijaya usai meninjau Terbanggi Besar, Kamis (27/5).

    Dikatakannya, di Desa Terbanggi Besar banyak terdapat peninggalan sejarah yang berusia ratusan tahun. Salah satunya, jembatan buatan VOC Belanda, makam penyebar muslim pertama di Lampung, dan rumah adat tua Lampung.

    Ada juga kapal yang berumur ratusan tahun. Ada pula benteng berupa gundukan tanah yang digunakan sebagai tempat pelarian zaman Belanda. “Karena itu, kami ingin membangun kembali Kampung Terbanggi Besar sebagai desa wisata,” ucapnya.

    Pemerintah terlebih dahulu akan memberikan edukasi kepada masyarakat di desa untuk bersama-sama menggali dan mengembangkan potensi wisata. Ardito mengatakan masih banyak potensi wisata di sini yang belum dimanfaatkan dengan baik.

    Oleh karena itu harus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggali dan mengembangkannya. Kemudian pemerintah akan memberikan dukungan terkait apa saja yang dibutuhkan, ”ujarnya.

    Ardito mengatakan, dengan berkembangnya Kampung Terbanggi Besar sebagai desa wisata tentunya akan meningkatkan perekonomian dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar. “Tentunya dengan dikembangkannya desa ini sebagai desa wisata akan memberikan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran,” ujarnya.

    Kepala Kampung Terbanggi Besar, Haidir mengatakan, masyarakat sangat mendukung Kampung Terbanggi Besar dikembangkan menjadi kampung wisata budaya kreatif. Hal tersebut dikarenakan masih banyak potensi wisata yang belum dikembangkan dengan baik.

    “Sangat setuju dan sangat mendukung. Oleh karena itu masih banyak potensi wisata yang belum tergali. Kemudian dengan menetapkan desa ini sebagai desa wisata akan meningkatkan kesejahteraan warga,” ujarnya.

    Haidir mengatakan, selain memiliki nilai sejarah, potensi yang dimiliki Kampung Terbanggi Besar sangat banyak, seperti kerajinan tangan, kuliner yang nikmat dan lain-lain.

    sumber: Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qtru0a425/lampung-tengah-kembangkan-kampung-wisata-budaya-kreatif