Langkah BIN Luncurkan Vaksinasi Door to Door Diapresiasi

Vaksinasi BIN dengan cara jemput bola dari rumah ke rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Langkah Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan vaksinasi virus corona (Covid-19) secara door to door diapresiasi.

Pengamat Jamsostek Ir Djuni Thamrin menilai langkah BIN dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi Covid-19.

“Ini perlu terobosan, salah satunya yang sudah dilakukan BIN. Program dan aksi kemanusiaan yang dilakukan BIN membantu vaksinasi pintu ke pintu patut diapresiasi tinggi,” kata Djuni dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (19/7).

Menurutnya, terobosan baru BIN perlu didukung semua pihak bahkan perlu ditiru oleh instansi lain. Sebab, hal itu akan mampu membuat program vaksinasi cepat terwujud.

“Sebagian masyarakat kita harus mengerti, kadang harus dilayani dengan jemput bola. Mak, saya sangat mengapresiasi cara-cara BIN. Selain dapat membuat percepatan vaksinasi tercapai, juga dapat memberikan edukasi positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Di saat seperti ini, menurut dia, semua pihak harus mengutamakan kemanusiaan dan membuang ego masing-masing. Dalam program vaksinasi ini, kata dia, yang terpenting adalah teknisi di lapangan yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan vaksinasi.

“Tapi soal siapa yang mendorong itu adalah angka yang tidak penting untuk diperdebatkan,” kata ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara (LPPMP).

Menurut Djuni, masyarakat tidak hanya harus mendukung BIN, tetapi juga mendukung siapa saja yang dapat mendorong proses vaksinasi. Apalagi Indonesia masih tergolong negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

“Tindakan ini harus menjadi contoh yang baik bagi instansi lain, terutama instansi atau instansi pemerintah. Dalam situasi darurat seperti ini, tindakan yang mempercepat proses penghentian penyebaran Covid-19 adalah ladang amal yang paling nyata. Kita tidak bisa lagi membantah apalagi menolak jihad kemanusiaan ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, negara-negara lain sudah sangat solid dalam melakukan perang total melawan Covid-19. Oleh karena itu, menurut dia, masyarakat juga perlu mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sekarang saatnya untuk bertindak. Kami sebagai masyarakat dapat memberikan dukungan langsung untuk membantu mempersiapkan warga agar siap divaksinasi. Negara yang bisa langsung keluar sebagai pemenang melawan pandemi adalah negara yang disiplin dan alhasil kita bisa menyelamatkan bangsa dan masa depannya,” kata Djuni.



https://www.republika.co.id/berita/qwhr6b320/langkah-bin-gulirkan-vaksinasi-door-to-door-diapresiasi