Lebih dari 24 ribu lansia di Yogyakarta telah divaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Implementasi vaksinasi Covid-19 untuk Kota Yogyakarta terus berlanjut. Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) mencatat bahwa 24.262 lansia telah divaksinasi.

“Hingga saat ini di Yogyakarta sudah ada 24.262 lansia yang sudah mendapat dosis pertama vaksin Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Selasa (20/4).

Sedangkan lansia yang mendapat vaksin dosis kedua baru mencapai 11.578 orang. Emma mengatakan, pihaknya sudah memiliki data seluruh lansia yang ada di Kota Yogyakarta.

Total ada 60 ribu lansia berdasarkan data Dinas Kesehatan, namun tidak semuanya memiliki KTP Kota Yogyakarta. Meski begitu, kata dia, lansia yang tidak memiliki KTP Kota Yogyakarta juga bisa divaksinasi.

Namun berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Kota Yogyakarta hanya terdapat 46 ribu lansia. Emma menuturkan, kemungkinan tidak terdaftarnya calon vaksin dalam data Kementerian Kesehatan merupakan perkenalan.

Sementara itu, kata Emma, ​​orang yang membawa atau melahirkan minimal dua orang lansia juga bisa divaksinasi. Hal itu dilakukan sebagai salah satu strategi Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Bisa saja yang belum didaftarkan pada calon penerima vaksin adalah pendahuluan. Sehingga (pendahuluan) akan langsung tercatat di lokasi vaksinasi,” ujarnya.


Source