Lewat Bazar #GakMudikDibikinAsik, Menparekraf Ajak Masyarakat Belanja Produk Lokal

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat berbelanja kado Idul Fitri yang berisi produk ekonomi kreatif lokal pada bazar bertajuk #GakMudikDibikinAsik di Trans Mall Cibubur, Jakarta, yang bertajuk #GakMudikDibikinAsik di Trans Mall Cibubur, Jakarta. berlangsung pada 6-19 Mei 2021. Tujuannya untuk mengangkat sektor ekonomi kreatif di tanah air.

Saat mengunjungi acara yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Trans Group dan PT Pos Indonesia, Sandiaga mengatakan #GakMudikDIbikinAsik merupakan ajang untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Melalui acara ini diharapkan program kita bisa tepat sasaran dan perekonomian kita bisa bangkit kembali,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan, dalam acara ini masyarakat bisa membeli berbagai macam produk lokal untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di kampung halaman. Tentunya gratis ongkos kirim.

“Program ini disajikan secara offline didukung oleh PT Pos Indonesia. Untuk online, kami bekerja sama dengan platform e-commerce yang merupakan bagian dari program” Proud to be Made in Indonesia “yang biaya pengirimannya disubsidi oleh penyelenggara e-commerce,” Kata Sandiaga.

Acara ini juga sebagai salah satu upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Baparekraf untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat tidak pulang untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Mengirim parsel Idul Fitri yang berisi produk lokal bisa menjadi salah satu cara berhubungan dengan masyarakat, menggantikan kehadiran kita di kampung halaman.

Manajemen pengunjung ditegakkan secara ketat, dimonitor langsung di layar televisi.

“Acara #GakMudikDibikinAsik ini juga untuk mendukung langkah pemerintah agar masyarakat tidak pulang,” ucapnya.

Sandiaga mengajak masyarakat menyukseskan acara #GakMudikDibikinAsik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. “Mari kita bersama-sama menjaga laju pemulihan ekonomi, dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Baparekraf, Nia Niscaya menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat pelaku ekonomi kreatif Indonesia sebagai salah satu pilar perekonomian negara. “Kami berharap para pelaku ekonomi kreatif benar-benar bisa menjadi penopang ekonomi bangsa untuk maju,” kata Nia.

Sandiaga pun menyempatkan diri tampil di NGANTRI (Ngobrol dengan Menteri) secara live di akun Instagram dan Youtube Pesona Indonesia yang dibawakan oleh Tyna Kanna Mirdad. Sambil berkeliling dan berbelanja sejumlah produk kreatif, Sandiaga menjawab beragam pertanyaan Tyna.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Baparekraf, Yuana Rochma Astuti; dan Direktur CT Corp, Chairal Tanjung.




Source