LIB Belum Buka Peluang Liga 1 Di Luar Pulau Jawa

    LIB mempertimbangkan sejumlah aspek dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita belum membuka kemungkinan penyelenggaraan Liga 1 di luar Jawa. Penyelenggara kompetisi mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah transportasi.

    “Di pulau Jawa tidak perlu menggunakan pesawat. Semuanya bisa di tol tol. Kami ingin mengurangi risiko dalam transportasi. Jadi, kami belum melihat kemungkinan pindah ke luar Jawa,” kata Lukita saat dihubungi Di antara, Rabu (4/8).

    Selain itu, ia menjelaskan, penyelenggaraan Liga 1 yang fokus di Pulau Jawa juga terkait dengan sejumlah infrastruktur pendukung yang sudah tersedia. Ia mengaku tidak mengetahui bahwa di luar Jawa tersedia infrastruktur yang memadai, seperti jalan tol, stadion, hingga penginapan atau hotel serta fasilitas kesehatan.

    “Karena harus pakai pesawat dan jalan belum tentu harus ada jalan tol, dan setiap kota belum tentu memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni. Stadionnya juga kita tidak tahu, hotelnya juga butuh kamar yang cukup untuk main liga, ” dia berkata.

    Berdasarkan pertimbangan tersebut, LIB memutuskan bahwa Liga 1 harus terlebih dahulu diadakan di pulau Jawa.

    Liga 1 rencananya akan digelar dalam enam seri, dalam tiga cluster yang mencakup beberapa wilayah di Pulau Jawa. PSSI dan LIB pada Selasa (3/8) mengumumkan bahwa Liga 1 2021 akan dimulai pada 20 Agustus, setelah sebelumnya ditunda karena kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qxbgr4348/lib-belum-buka-peluang-liga-1-di-luar-pulau-jawa