Liga Champions, Chelsea Silence Porto dengan skor 2-0

    Chelsea berhasil menang atas Porto di leg pertama perempat final Liga Champions

    REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA – Chelsea untuk sementara menang 1-0 atas Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Kamis (8/4) dini hari WIB. Sasaran keunggulan the Blues dicetak oleh Mason Mount.

    Kedua tim bermain hati-hati di awal pertandingan. Pertarungan antar the Blues vs. Naga juga lebih sering terjadi di lini tengah. Kedua tim sama-sama nyaris menciptakan serangan berbahaya terhadap lawannya masing-masing, sepanjang 15 menit pertandingan di babak pertama.

    Perlahan, Porto mulai meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali skuad Sergio Conceicao mengurung pertahanan pasukan Thomas Tuchel. Namun, serangan yang dilancarkan Porto hanya menghasilkan tendangan sudut, dan tidak ada satupun yang bisa dikonversi menjadi gol.

    Tak ingin terus ditekan, Chelsea lantas membantu meningkatkan intensitas serangan mereka. Alhasil, Chelsea berhasil mencuri gol pembuka pada menit ke-31. Jorginho mengirimkan umpan dari luar kotak penalti ke Mason Mount. Pemain bernomor punggung 19 itu kemudian berhasil mengelabui bek Porto tersebut, sebelum melepaskan tembakan yang tidak bisa diraih oleh kiper Porto di sudut gawang.

    Unggul 1-0, Chelsea tetap tak mengurangi tekanan. Sementara itu, Porto sangat mencari penyeimbang. Namun, hingga babak pertama usai, skor tidak berubah, the Blues menang 1-0 atas Naga di babak pertama.

    Memasuki babak kedua, Porto langsung mengambil inisiatif menyerang untuk mengejar defisit gol. Serangan yang dibangun melalui sayap melalui Luis Diaz dan Corona, mampu merepotkan pertahanan. Penyerang Porto Marega juga memiliki sejumlah peluang jelas untuk menyamakan kedudukan. Namun, kuatnya pertahanan dan penampilan apik kiper Chelsea Mendy, membuat tidak ada satupun peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

    Sementara itu, Chelsea lebih banyak melakukan serangan balik terhadap Porto. Chelsea nyaris menggandakan peluang pada menit ke-59. Berawal dari tendangan keras yang dilepaskan Rudiger dari luar kotak penalti, bola belum bisa diamankan dengan sempurna oleh kiper Porto. Bola lepas berhasil diraih Timo Werner. Namun, sayang sang pemain gagal mengonversi peluang matang tersebut.

    Pada menit ke-65, Tuchel melakukan pergantian pemain dengan Werner dan Kai Havertz kemudian memasukkan Pulisic dan Giroud. Tuchel membuat perubahan lain dengan menarik Mason Mount dan memasukkan Kante pada menit ke-80 dan memasukkan Thiago Silva untuk menggantikan Recce James. Sementara itu, Conceicao juga melakukan perubahan pada pemain Porto dengan menarik Manafa, Marega, dan Otavio, termasuk Conceicao, Martinez, dan Viera.

    Chelsea kembali mendapat peluang untuk memperbesar posisi di menit pertama, sayang tembakan Pulisic membentur tiang. The Blues akhirnya mengunci kemenangan melalui gol Chillwell pada menit ke-84.

    Berawal dari serangan balik, Jorginho melepaskan umpan dari setengah lapangan. Bola yang tidak sepenuhnya dikuasai bek Porto tersebut berhasil dicuri oleh Chilwell. Sang pemain kemudian melakukan solo run dan mengecoh kiper Porto tersebut dan akhirnya melepaskan tembakan lembut ke arah gawang yang sudah tidak dijaga. Chelsea 2-0 Porto.

    Hingga peluit babak kedua berakhir, tidak ada gol tambahan. Chelsea berhasil menang pada leg pertama perempat final Liga Champions melawan Porto dengan skor 2-0.

    sumber: Antara




    Source