Lima pemain yang karirnya meredup setelah bergabung dengan Liverpool

Tidak semua pemain yang dibawa ke Anfield Stadium bisa memenuhi ekspektasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL – Dalam dua musim terakhir, Liverpool terbukti mampu menjadi salah satu tim yang ditakuti, baik di pentas Liga Inggris maupun Liga Champions. Trofi Liga Champions musim 2018/2019 membawa The Reds kembali menjadi tim yang diperhitungkan di pentas sepakbola Eropa.

Trofi Liga Champions pertama Liverpool dalam 14 tahun diikuti dengan kesuksesan di pentas Liga Utama Inggris pada musim berikutnya. Dengan mengantongi keunggulan 18 poin di puncak klasemen akhir, Liverpool menutup Liga Inggris dengan mahkota juara. Ini menjadi trofi perdana The Reds di pentas Liga Inggris, sekaligus mengakhiri puasa Liverpool di kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Kesuksesan Liverpool dalam dua musim terakhir tak lepas dari strategi apik dalam perekrutan pemain. Kedatangan Sadio Mane, Mohamed Salah, Alisson Becker dan Virgil van Dijk dinilai mampu mengangkat performa The Reds di atas lapangan. Dengan hadirnya para pemain tersebut, Liverpool juga disebut-sebut telah memasuki era baru dan ditandai dengan berbagai trofi, di antaranya satu gelar Piala Dunia Antarklub dan Community Shields.

Namun, sebelum prestasi gemilang di dua musim terakhir, Liverpool juga melakukan upaya memperkuat skuad dengan merekrut pemain baru. Meski begitu, tak semua pemain yang diboyong ke Anfield Stadium bisa memenuhi ekspektasi.

Para pemain tersebut dinilai belum bisa beradaptasi dengan gaya bermain Liverpool atau tekanan di puncak klasemen Liga Inggris. Padahal, ada sejumlah pemain yang karirnya meredup setelah bergabung dengan The Reds.

Berdasarkan peringatan SportsKeeda, Jumat (23/4), setidaknya ada lima pemain yang kariernya menurun tajam setelah memutuskan bergabung dengan Liverpool.

1. Christian Benteke

Striker Belgia tersebut didatangkan Liverpool dengan bayaran 32,5 juta pound pada musim panas 2015. Penampilan impresifnya bersama Aston Villa, saat mampu mencetak 50 gol dari 101 penampilan di semua kompetisi, membuat Liverpool tertarik untuk mengontraknya.

Namun, Benteke gagal menemukan performa terbaiknya di seragam The Reds. Benteke dinilai tidak bisa beradaptasi dengan gaya permainan yang dilakukan pelatih Juergen Klopp. Mantan striker Standard Liege itu hanya tercatat mengemas 10 gol dari 42 penampilan sepanjang musim 2015/2016. Benteke akhirnya dilepas ke Crystal Palace pada musim berikutnya.

2. Mario Balotelli

Masuknya Balotelli dari AC Milan pada 2014 lalu menjadi salah satu langkah mengejutkan yang dilakukan The Reds. Pasalnya, saat memperkuat Manchester City, penyerang Italia itu kerap kocar-kacir dan mendapat sanksi disiplin. Bahkan dengan penurunan performa. Pada musim debutnya bersama Liverpool, tepatnya pada musim 2014/2015, Balotelli hanya mencetak satu gol dari 16 penampilannya di pentas Liga Inggris.

Manajemen The Reds akhirnya meminjamkan Balotelli ke AC Milan pada musim berikutnya. Meski sempat tampil bagus saat memperkuat Nice dengan torehan 43 gol dari 76 penampilan, Balotelli hengkang dari klub Prancis itu dan memperkuat tiga tim berbeda dalam tiga musim terakhir. Kini, Balotelli tercatat sebagai bek Spezia di Serie B.


3. Lazar Markovic

Pada tahun 2014, Lazar Markovic ditandatangani oleh Liverpool dari Benfica dengan biaya transfer £ 20 juta. Mantan pemain sayap timnas Serbia itu hanya tampil dalam 34 pertandingan di musim debutnya bersama Liverpool. Markovic kerap diplot sebagai pemain pelapis di skuad The Reds saat itu.

Sebelum kontraknya dengan Liverpool berakhir pada 2019, Markovic menghabiskan lima tahun dengan status pinjaman di lima klub berbeda. Mulai dari peminjaman ke Sporting Lisbon, Fenerbahce, Hull City, hingga Anderlecht. The Reds akhirnya melepas Markovic pada 2019. Markovic kini diketahui telah kembali ke klubnya untuk memulai karier profesional, Partizan Beograd.

4. Lorius Karius

Penjaga gawang Jerman dikenang karena kesalahan fatal di final Liga Champions 2017/2018. Dua blunder fatal membuat Liverpool menyerah 1-3 di tangan Los Blancos. Sejak itu, Karius terbukti kesulitan mengembangkan kariernya bersama Liverpool. Bahkan, saat didatangkan dari Mainz 05 pada 2016, Karius diplot menggantikan Simon Mignolet sebagai kiper utama The Reds.

Namun akibat dua kesalahan di final Liga Champions, Karius tak pernah lagi bisa kembali ke performa terbaiknya. Karius sempat dipinjamkan selama dua musim di klub Turki, Besiktas, sebelum akhirnya kembali ke Bundesliga Jerman pada awal musim ini dengan bergabung dengan Union Berlin.

5. Alberto Aquilani

Diprediksi sebagai pengganti Xabi Alonso yang pindah ke Real Madrid pada 2009, Aquilani kerap menempati ruang perawatan. Eks gelandang AS Roma itu tak punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan permainan The Reds.

Aquilani tercatat hanya tampil dalam 26 pertandingan di musim debutnya dengan mengenakan kaos The Reds, tepatnya pada musim 2009/2010. Namun, setelah dua musim di tim utama Liverpool, gelandang Italia itu dipinjamkan ke Juventus dan AC Milan untuk dua musim berikutnya. Fiorentina akhirnya merekrut Aquilani pada 2012. Meski begitu, Aquilani belum pernah bisa tampil di level tertinggi seperti sebelum bergabung dengan Liverpool.




Source