Lirik Angela Merkel Peluang Investasi di Indonesia

    Jokowi menawarkan kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah kejuruan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kanselir Jerman Angela Merkel mengincar peluang investasi di Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehari setelah pembukaan pameran Hannover Messe 2021.

    Merkel bahkan melihat potensi yang dimiliki Indonesia untuk menjadi mitra penting Jerman. Menanggapi pernyataan Merkel, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peran investasi dalam pemulihan ekonomi, terutama pasca pandemi ini. Salah satu langkah pemerintah menyambut investasi, kata Presiden, adalah disahkannya UU Cipta Kerja.

    “Itu akan bisa mendukung kerja sama di bidang investasi,” kata Jokowi, Selasa (13/4).

    Presiden juga menawarkan kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah kejuruan dan peningkatan investasi industri Jerman untuk membangun basis produksi global dan rantai pasokan Jerman di kawasan.

    “Saya menawarkan Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (Kawasan Industri Jerman) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” kata Presiden.

    Dalam kesempatan yang sama, Kanselir Merkel juga menyambut baik peran Indonesia yang semakin bersinar di kancah global. Apalagi tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20, sedangkan Jerman akan menjadi Ketua G-7.

    “Diharapkan sinergi prioritas kerja kedua negara dapat terlaksana dengan baik,” kata Merkel dalam siaran pers istana.

    Jerman adalah salah satu mitra terpenting Indonesia di Eropa. Indonesia telah menjalin kemitraan komprehensif sejak tahun 2012. Jerman adalah mitra dagang terbesar Indonesia di Eropa, mitra investasi terbesar ke-4 di Eropa, dan wisatawan Jerman terbesar ke-3 dari Eropa.




    Source