Luhut Ajak Lulusan UNS Bergabung dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengundang lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo untuk bergabung bersama di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal. Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara pada acara wisuda online Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana UNS, Sabtu (24/4).

Luhut berpesan agar lulusan UNS berani berbagi ilmu yang didapat selama kuliah untuk membangun dan memajukan bangsa Indonesia.

Hal ini penting karena saat ini digitalisasi telah merambah seluruh aspek kehidupan manusia dan telah menjadi primadona investasi yang didukung oleh big data dan kemajuan teknologi terkini.

Secara khusus juga mengundang lulusan UNS untuk bergabung bersama di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal. “Saya ingin mengajak anak-anak terpilih dari UNS untuk juga berada di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk berbagi ilmu guna melihat bagaimana Indonesia maju pesat,” jelasnya seperti ditulis dalam siaran persnya, Sabtu.

Dorongan ini sejalan dengan semangat pemerintah dalam menggalakkan pembangunan di bidang sumber energi baru dan terbarukan, seperti panas bumi, tenaga surya, angin, gelombang laut, panel surya, dan tenaga air.

“Bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saya berharap lulusan UNS mampu memberikan kontribusi nyata, memanfaatkan teknologi, menciptakan lapangan kerja, dan menciptakan banyak inovasi sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” dia menambahkan.

Luhut juga berpesan terkait pentingnya lulusan UNS bekerja dengan hati dan budi pekerti. Kedua hal tersebut perlu didukung dengan kesadaran untuk memberikan manfaat bagi sesama.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan periode 2014-2015 ini mengatakan, saat ini banyak anak muda Indonesia yang memiliki kemampuan membangun negara, namun mereka kurang memiliki karakter yang baik.

Pada Wisuda Daring Periode II Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana, UNS meluluskan 1.272 wisudawan. “Di antara lulusan tersebut, 606 lulusan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan predikat sangat memuaskan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus, dalam laporannya.

Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan kelulusan lulusan harus dimaknai sebagai kebanggaan atas prestasi yang diraih. Meski prosesi wisuda periode ini masih dilakukan secara online, Jamal berharap para lulusan bisa memaknai hal tersebut sebagai semangat untuk melangkah ke jenjang kehidupan selanjutnya.

“Kehidupan bermasyarakat bagi lulusan UNS adalah kampus yang nyata. Sebab, lulusan UNS akan dituntut untuk melanjutkan studi dengan berbagai bentuk ujian yang lebih kompleks dan tidak terduga,” ujar Rektor.


Source