Luhut: PPKM Darurat Kurangi Mobilitas Masyarakat

    Namun, ada masa inkubasi virus sehingga kasus infeksi tidak segera dicatat.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM) berdampak pada penurunan mobilitas masyarakat. Menurut dia, penurunan mobilitas tersebut merupakan bagian dari upaya menekan penyebaran virus Covid-19 varian Delta.

    “Ada berbagai kemajuan dalam hal penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Hasil pantauan kami terhadap indikator lalu lintas Google, mobilitas Facebook, dan indeks lampu malam menurun secara signifikan,” kata Luhut dalam konferensi pers online, Sabtu (17/1). 7).

    Selaku Koordinator PPKM Darurat, Luhut mengatakan, penurunan mobilitas masyarakat memberi harapan dalam menahan laju penularan varian Delta Covid-19. Hal ini juga didukung oleh data penurunan kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

    “Ini terus terang memberi harapan kepada kita semua agar transmisi varian Delta ini bisa dikurangi,” kata Luhut.

    Namun, penurunan aktivitas masyarakat tidak menjamin kasus positif Covid-19 juga akan berkurang. Sebab, ada masa inkubasi virus, sehingga kasus infeksi tidak bisa langsung dicatat.

    “Penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat ini tidak serta merta menunjukkan penurunan penambahan kasus, meski dalam tiga hari terakhir data sudah mulai membaik,” kata Luhut.

    Saat ini, pemerintah belum memutuskan perpanjangan PPKM Darurat. Luhut mengatakan hasil evaluasi kebijakan tersebut akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan keputusannya akan diambil dalam dua atau tiga hari ke depan.

    Dijelaskannya, ada dua indikator yang digunakan untuk mengevaluasi PPKM Gawat Darurat, yaitu jumlah penambahan kasus dan tingkat hunian rumah sakit (BOR). “Kami sedang mengevaluasi apakah PPKM memiliki jangka waktu dan apakah perlu perpanjangan lagi. Kami akan melaporkannya ke Presiden, saya kira dalam dua atau tiga hari ke depan kami akan mengumumkannya secara resmi,” kata Luhut.



    https://www.republika.co.id/berita/qwf1jh428/luhut-ppkm-darurat-turunkan-mobilitas-masyarakat