Mahasiswa UBSI Membuat Aplikasi DISMA Berbasis WEB

    Aplikasi Disposisi & Korespondensi Berbasis Web dikembangkan untuk Kementerian Agama

    REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas BSI berhasil membuat aplikasi Disposition and Correspondence System (DISMA) Berbasis Web. Bertempat di gedung rapat Kemenag Depok, permohonan ini diserahkan langsung ke lembaga kehumasan dan rumah tangga umum Kemenag, Selasa (3/8).

    M Wahid Nurfikri, M Surya Eka Permana S, dan Randhy Taqwa berhasil merancang Aplikasi Disposisi dan Korespondensi (DISMA) Berbasis Web sesuai arahan pembimbingnya, Dinda Ayu Muthia. Wahid mengungkapkan, aplikasi ini dirancang untuk pengembangan persuratan, pengarsipan, dan disposisi surat di Kementerian Agama.

    “Aplikasi ini dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan kinerja Kementerian Agama. Kami optimis ke depan aplikasi yang telah kami buat dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh kementerian,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Minggu. (8/8).

    Sementara itu, Lan Setiawan selaku Humas Kemenag menjelaskan bahwa aplikasi DISMA memiliki prospek yang baik dan dapat mempermudah pekerjaan. “Aplikasi ini memiliki prospek yang baik ke depan, dan perlu penyesuaian agar aplikasi ini dapat berjalan sepenuhnya di kementerian agama. Kami berharap aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan kami terkait surat menyurat,” ujarnya.

    Dinda selaku dosen pembimbing mengaku sangat mengapresiasi aplikasi yang dibuat oleh mahasiswanya. Menurutnya, aplikasi ini merupakan langkah mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja.

    “Keberhasilan pengajuan aplikasi ini merupakan tonggak awal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Mereka antusias untuk belajar mendengar apa yang diinginkan pengguna dan langsung mengimplementasikannya ke dalam aplikasi,” ujar Dinda.



    https://www.republika.co.id/berita/qxloku349/mahasiswa-ubsi-ciptakan-aplikasi-disma-berbasis-web