Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Penelitian Disertasi Terbaik

    REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Mahasiswa doktoral Konsorsium Ilmu Agama Indonesia (ICRS) UGM, Maksimilianus Jemali meraih penghargaan penulis proposal disertasi terbaik. Penghargaan tersebut diraih dari kompetisi nasional penulisan tesis dan disertasi Institut Nusantara.

    Dalam kompetisi bertajuk Hibah Karya Tulis Nusantara, penelitian disertasi Maksimilianus masuk dalam daftar 10 pemenang proposal disertasi terbaik. Menyisihkan 130 proposal dari kampus-kampus di dalam dan luar negeri yang diumumkan 26 Agustus 2021.

    Maksimilianus tidak menyangka proposal disertasinya mendapat penghargaan terbaik untuk penelitian disertasi. Penelitian tersebut berjudul Hambor Sebagai Narasi Kecil dalam Mengelola Konflik dan Situasi Damai di Flores, Manggarai, NTT.

    Disertasi merupakan penelitian terkait dengan tradisi yang ada dalam budaya masyarakat di Kabupaten Manggarai untuk menyelesaikan berbagai macam konflik yang terjadi di desa. Baik pada tataran individu, keluarga, maupun konflik antar suku.

    “Hambor dalam bahasa Manggarai berarti kedamaian atau kerukunan. Tradisi ini sudah ada sejak lama dan diturunkan secara turun-temurun. Dalam bahasa Manggarai disebut mbate dise ame, serong dise empo, percaya diri dise ende,” kata Lian, Rabu (1/9). ).

    Putra asli Manggarai itu mengatakan, Hambor menjadi semacam simpul perdamaian yang menciptakan integrasi yang harmonis. Orang Manggarai melihat alam semesta sebagai jaring laba-laba raksasa, setiap jaring harus menjaga keharmonisan dengan jaring lainnya.

    Jika satu jaring dipatahkan atau diabaikan oleh jaring lainnya, maka akan terjadi disharmoni dan disintegrasi. Pemahaman ini menjadikan Hambor sebagai tradisi yang memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Manggarai.

    “Karena diyakini sebagai entitas, tradisi yang menyelaraskan manusia dengan alam semesta,” kata pria kelahiran Tuke, Ruteng Manggarai, Flores, 39 tahun lalu.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qysa88368/mahasiswa-ugm-raih-penghargaan-riset-disertasi-terbaik