Mahasiswa UMM Rancang Aplikasi Cerdas Bernama Jarvis Quran

    Kini aplikasi Jarvis Quran telah dilengkapi dengan fitur perintah suara.

    REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang aplikasi asisten bermain Alquran yang diberi nama Jarvis Quran. Inovasi ini telah lolos pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Mei lalu.

    Anggota tim, Amarul Akbar mengatakan, ide penerapan Alquran berawal dari majelis majelis taklim di kediamannya. Salah satu ustadz yang mengisi majelis menginginkan aplikasi yang berbeda terkait dengan asisten Al-Quran.

    “Kami melihat bahwa fitur dan kegunaan dari sebagian besar aplikasi Quran memiliki banyak kesamaan. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membuat inovasi baru yang berbeda,” ujar mahasiswi kelahiran Mataram ini dalam siaran pers yang diterima Republik, Rabu (11/8).

    Menurut Akbar, aplikasi Jarvis Qur’an telah dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut: perintah suara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah agar aplikasi langsung memainkan salah satu huruf. Hanya dengan mengatakan bagian yang ingin Anda mainkan, Jarvis akan segera menyediakannya. Fungsi inilah yang membedakannya dengan aplikasi lain yang ditemui.

    Selain itu, ada juga fitur di mikropon mampu mendeteksi ayat-ayat dan surat-surat dalam Al-Qur’an ketika seseorang membacanya. Dengan sistem ini, lebih mudah untuk mencari dan menemukan ayat-ayat terkait.

    Sistem kerja Jarvis Quran mirip dengan Sistem komando “Oke Google” serta “Hai Siri” terletak di Google dan apel. Hingga saat ini, Akbar dan timnya masih dalam tahap penyempurnaan aplikasi. Yakni, telah menyelesaikan sekitar 70 persen proses manufaktur.

    “Tinggal sedikit lagi bisa diuji dan bisa digunakan oleh masyarakat luas,” jelasnya.

    Dalam proses pembuatan Jarvis Quran, Akbar didampingi Shofiyah dari Prodi Informatika dan Syahara Biamalina dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Akbar berharap aplikasi ini dapat membantu dalam pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan juga dalam studi. Juga dapat dimanfaatkan secara lebih luas oleh masyarakat dalam memfasilitasi pembelajaran dan membaca Al-Qur’an.

    Selain itu, ia berharap karya PKM dapat lolos pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) periode berikutnya dan juga mampu meraih juara. “Tentunya kita ingin mengembangkannya lebih jauh agar bisa menyebarkan kebaikan lebih luas lagi,” imbuhnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qxotez349/mahasiswa-umm-rancang-aplikasi-pintar-bernama-jarvis-quran