Mahfud MD Bahas Persiapan PON XX dengan Masyarakat Papua dan Tokoh Agama

    Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD melakukan dialog dengan sejumlah tokoh masyarakat dan agama Papua membahas persiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas secara online pada Selasa (7/9/2021).

    Dalam dialog tersebut Mahfud menjelaskan alasan diadakannya PON dan Peparnas di Papua, di masa pandemi, untuk mendorong kemajuan bersama di Papua.

    “Presiden sendiri menyatakan PON ini harus sukses, mengantisipasi segala permasalahan dan mempersiapkan segala kebutuhan,” kata Mahfud dalam keterangan resmi dari Tim Humas Kemenko Polhukam, Selasa (7/9). 2021).

    Mahfud mengatakan akan datang ke Papua akhir pekan ini untuk memastikan PON berjalan dengan baik, lancar dan aman, sesuai amanat Inpres No 4/2021.

    Baca juga: PON XX Papua 2021, Nurul Akmal Dapat Dukungan Gubernur Aceh

    “Dengan PON, pemerintah ingin di Papua, negara benar-benar hadir, seperti yang hadir di daerah dan provinsi lain, kita maju bersama, rakyat bisa maju bersama,” kata Mahfud.

    Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan sivitas akademika Papua bangga pemerintah menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI pada Oktober mendatang.

    Menurut mereka, keberhasilan PON merupakan harga diri masyarakat Papua sekaligus amanah Tuhan melalui pemerintah kepada masyarakat Papua yang harus dijaga dengan baik.

    Ketua Umum Persatuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Pastor MPA Maury menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan berharap PON dapat berlangsung dengan aman dan sukses.

    “Mari kita rukun saja karena suksesnya PON ini adalah harga diri masyarakat Papua, ini amanah Tuhan melalui pemerintah kepada masyarakat Papua yang harus dijaga dengan baik,” kata Maury.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/07/mahfud-md-bahas-persiapan-pon-xx-dengan-tokoh-masyarakat-dan-tokoh-agama-papua