Mahfud MD Minta Peningkatan Pengawasan Keamanan Rumah Ibadah dan Tokoh Agama

    Wartawan Tribunnew.com, Taufik Ismail

    TRIBUNNEWS. KOM, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta aparat keamanan meningkatkan pengawasan keamanan terhadap tempat ibadah, tokoh agama, dan fasilitas umum.

    Pernyataan Mahfud MD tersebut menyusul sejumlah insiden kekerasan dalam beberapa hari terakhir, yakni penusukan seorang ustadz di Batam dan pembakaran mimbar Masjidil Haram, Makassar.

    “Saya juga minta agar rumah-rumah ibadah diawasi secara cermat oleh pemuka agama, sarana ibadah, fasilitas umum lainnya, pada saat ini, periode yang biasanya mendekati atau sekitar bulan September. Selalu ramai dengan isu-isu seperti ini sehingga dijaga. sebaik-baiknya,” kata Mahfud, dikutip dari kanal Youtube Kemenkoplhukam, Minggu (26/9/2021).

    Baca juga: Pemerintah mengutuk penusukan Ustaz di Batam dan pembakaran mimbar masjid di Makassar

    Selain itu, Mahfud meminta masyarakat tidak segan-segan melaporkan jika mengalami bullying, kekerasan, atau bahkan mencurigai seseorang yang ingin melakukan kekerasan.

    Aparat tidak akan segan-segan menindak dan mengusut para pelaku.

    “Bagi yang ingin melakukan sesuatu yang melanggar hukum harus segera melaporkannya kepada aparat keamanan setempat,” ujarnya.

    Mahfud mengatakan pemerintah mengutuk para pelaku kekerasan dan tindakan brutal dalam beberapa hari terakhir. Pemerintah menyayangkan kejadian tersebut dan meminta aparat mengusut tuntas pelakunya.

    “Saya mengutuk para pelaku, saya sudah memerintahkan dan ingin menegaskan kembali sekarang kepada aparat keamanan untuk mengusut kejadian itu,” kata Mahfud.

    Polisi, kata dia, telah menangkap pelaku pembakaran mimbar Masjid Agung Makassar. Pelaku sedang diproses untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/26/mahfud-md-minta-pengawasan-keamanan-rumah-ibadah-dan-tokoh-agama-ditingkatkan