Mahfud MD Optimis Pada 2045 Indonesia Menjadi Negara Besar Secara Ekonomi

    Wartawan Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam) Mahfud MD optimistis pada 2045 Indonesia akan menjadi negara besar secara ekonomi, atau era Indonesia Emas.

    Bahkan, kata dia, Indonesia mampu menempati peringkat ke-4 negara besar di dunia bersama China, Amerika, Jepang, dan India.

    Hal itu diungkapkan Mahfud MD dalam refleksi hasil analisis yang dilakukan oleh perusahaan analitik global asal Amerika Serikat, McKinsey.

    “Saya yakin, sejak masa pemerintahan (Presiden) SBY, McKinsey membuat analisis, bahwa pada tahun 2045 Indonesia akan menjadi Indonesia Emas atau Indonesia yang makmur dimana Indonesia akan menjadi 3 atau 4 negara besar di dunia secara ekonomi secara bersama-sama. dengan China, Amerika, India, Indonesia, atau Jepang, analisisnya ada,” kata Mahfud saat berbincang virtual dengan Daniel Mananta di live Instagram @VjDaniel, Selasa (17/8/2021).

    Mahfud MD optimis karena melihat kondisi sumber daya Indonesia sangat kuat dan beragam.

    Baca juga: Makna Kemerdekaan Menurut Mahfud MD: Kebebasan Meraih Impian

    Ia merujuk pada semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki gelar sarjana dari semua latar belakang keilmuan.

    “Gimana ngitungnya? Sekarang lulusannya banyak, kelahiran tiap tahun banyak, nanti yang masuk sekolah teknik tahun 2045 itu banyak industri teknik, banyak dokter, banyak universitas, banyak sumber daya alam yang bisa dihasilkan. terhitung mulai sekarang kita akan menjadi negara emas Indonesia,” ujarnya.

    Kemudian beliau menekankan syarat untuk dapat mencapai tujuan tersebut, kata Mahfud, yang perlu digarisbawahi, yaitu persatuan dan keadilan.

    Karena menurutnya jika keadilan tidak dijadikan acuan, korupsi akan terus merajalela, bahkan menurutnya korupsi adalah alat yang membuat negara pecah, karena orang yang melakukannya tidak pernah merasa cukup.

    “Sehingga benar-benar tertata karena jika keadilan tidak diperbaiki dan korupsi merajalela, bagaimana pun negara pecah, orang tidak pernah puas membuat jalannya sendiri,” katanya.

    Baca juga: Mahfud MD Pakai Baju Adat Bugis-Makassar Saat HUT RI ke-76

    Atas dasar itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu meminta seluruh elemen masyarakat bersikap adil.

    Karena menurutnya, semua sumber daya yang ada di Indonesia cukup untuk dimanfaatkan dan dikelola bersama.

    “Karena kita memiliki semua sumber daya alam kita, secara demografis kita memiliki semua yang dibutuhkan untuk negara maju, penduduknya cerdas, hanya diberi kesempatan untuk sekolah, menjadi sumber daya yang berkualitas,” katanya.

    “Jadi saya optimis 2045 Indonesia akan mencapai Indonesia Emas karena saya hitung oleh McKinsey dan yang lainnya, betul,” kata Mahfud.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/17/mahfud-md-optimis-pada-2045-indonesia-jadi-negara-besar-secara-ekonomi