Manchester City Berhasil Taklukkan Dortmund 2-1

    Hasil tersebut bagi Dortmund harus mencetak setidaknya satu gol tanpa kebobolan di leg kedua.

    REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Manchester City mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (7/4) dini hari WIB.

    Bergulir di Etihad Stadium, tuan rumah Manchester City menerapkan pola 4-2-3-1 untuk menekan laju Dortmund. Formasi Pep Guardiola membuat tuan rumah mendominasi babak pertama. Mereka mencatat setidaknya 62 persen penguasaan bola.

    Umpan-umpan pendek menjadi andalan City sepanjang 45 menit pertama. Ini membuat pergerakan Dortmund terbatas.

    Strategi itu membuahkan hasil ketika Riyad Mahrez memanfaatkan kesalahan Emre Can untuk membangun serangan. Melalui skema permainan terbuka, umpan matang Mahrez dengan mudah diselesaikan oleh Kevin De Bruyne yang berdiri bebas. Sebuah tembakan dari jarak dekat berhasil membuahkan gol pada menit ke-18.

    Dortmund bukannya tanpa usaha. Formasi 4-3-3 mengharuskan skuad Die Borussen memanfaatkan sisi kiri dan kanan lapangan.

    Namun, skor 1-0 bertahan hingga turun minum. City masih terlalu tangguh untuk Dortmund sejauh ini. Di babak kedua, Foden nyaris menggandakan keunggulan City jika tembakan jarak dekatnya tidak berhasil diselamatkan oleh kiper Dortmund pada menit ke-64.

    Kejutan datang dari para pengunjung. Setelah diombang-ambingkan hampir sepanjang pertandingan, Dortmund akhirnya mencetak gol melalui kaki Marco Reus.

    Pemain veteran itu memanfaatkan assist Erling Haaland dengan tembakan kaki kanan ke sudut kanan bawah gawang City pada menit ke-84. Ketegangan pertandingan yang meningkat membuat situasi menjadi lebih dramatis. Klimaks pertandingan akhirnya terjadi ketika Phil Foden mencetak gol di masa injury time berkat umpan Ilkay Gundogan.

    Skor 2-1 bertahan untuk tuan rumah. Hasil tersebut membuat Dortmund harus mencetak setidaknya satu gol tanpa kebobolan di leg kedua.

    Susunan pemain Manchester City:

    Ederson, Walker, Batu, Dias, Cancelo, Hernandez, Gundogan, Mahrez, De Bruyne, Foden, Silva.

    Susunan pemain Borussia Dortmund:

    Hitz, Morey, Can, Humels, Akanji, Guerreiro, Dahoud, Bellingham, Reus, Haaland, Knauff.




    Source