Mandiri Sekuritas Optimis IHSG Capai 6.850 Hingga Akhir 2021

Pemulihan ekonomi akan berdampak pada kinerja emiten di BEI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini terus membaik sepanjang tahun ini. Mandiri Sekuritas memproyeksikan IHSG mampu menembus level 6.850 pada akhir tahun 2021.

Head of Equity Analyst Mandiri Sekuritas Adrian Joezer mengatakan optimisme tersebut ditopang oleh pemulihan ekonomi semester II yang lebih kuat yang turut mempengaruhi kinerja emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Kami tetap optimis dengan target IHSG 6.850 hingga akhir tahun ini. Proyeksi bawah ke atas kita 50 persen pertumbuhan pendapatan 2021 dan 16 persen untuk 2022, naik dari proyeksi penurunan 36 persen untuk 2020,” kata Adrian, Selasa (29/6).

Adrian mengakui, dalam enam bulan pertama tahun 2021 kinerja pasar saham belum sepenuhnya pulih akibat pemulihan ekonomi yang belum merata. Oleh sejauh tahun ini, IHSG masih terkoreksi 0,50 persen, sedangkan indeks LQ45 sudah 12 persen.

Dalam jangka pendek, kata Adrian, lonjakan kasus Covid-19 masih akan mengganggu aktivitas ekonomi. Namun, hal ini harus diatasi dengan meningkatnya kecepatan vaksinasi akhir-akhir ini.

Sejauh ini, Adrian melihat, aktivitas ekonomi telah menunjukkan pemulihan sebelum pembatasan mobilitas diberlakukan kembali baru-baru ini. Optimisme masyarakat mulai meningkat yang tercermin dari indeks kepercayaan konsumen yang kembali di atas 100 pada Mei 2021.

Terlepas dari kekhawatiran tentang tapering Amerika Serikat (AS), ekspektasi pasar terhadap inflasi ke depan di AS telah mereda akhir-akhir ini. Menurut Adrian, tapering harus dikomunikasikan dengan baik ke pasar.

Dari sisi sektor, Adrian menilai, teknologi dan kesehatan akan menjadi beberapa sektor yang berkinerja baik. Sementara itu, sektor barang konsumsi termasuk dalam kelompok sektor yang kinerjanya kurang kuat akibat melemahnya permintaan, inflasi biaya, dan rencana BEI untuk menerapkan kebijakan tersebut. mengambang bebas dalam perhitungan bobot indeks.



https://www.republika.co.id/berita/qvim8w368/mandiri-sekuritas-optimistis-ihsg-tembus-6850-di-akhir-2021