Mantan Ketua dan Zulhas Lapor ke PP Muhammadiyah

Ketua PAN menegaskan bahwa Muhammadiyah adalah orang tua yang melahirkan PAN.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGAKARTA – Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi dua mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa, melapor ke PP Muhammadiyah. Mereka ditemui Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir.

Silaturahmi pimpinan DPP PAN hingga PP Muhammadiyah berlangsung di gedung Dakwah Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (14/6). “Pertama, kami laporkan ke Muhammadiyah. Bagaimanapun, Muhammadiyah adalah induk yang melahirkan PAN,” kata Zulkifli Hasan dalam siaran persnya.

Menurut Zulhas, hubungan dan sinergi antara Muhammadiyah dan PAN semakin kuat. PAN, kata Zulhas, selalu berkomitmen memperjuangkan aspirasi Muhammadiyah di bidang politik, khususnya di parlemen.

Zulhas meyakinkan PAN akan terus menjaga amanat Muhammadiyah dan mengimplementasikannya dalam kerja politik. “Saya akan menginstruksikan seluruh kader PAN di parlemen dan pengurus untuk menjaga amanah ini. Tampil sebagai solusi atas berbagai permasalahan bangsa. Terus dengarkan Muhammadiyah dan masukan lainnya,” ujar Wakil Ketua MPR RI.

Haedar Nasir mengapresiasi kunjungan DPP PAN. Menurutnya, Muhammadiyah tidak bisa berpolitik, sehingga menjadi keniscayaan jika Muhammadiyah membutuhkan panca indra politik, kaki dan tangan. Untuk itu, penting adanya sinergi antara Muhammadiyah dan PAN.

Haedar berpesan agar PAN berperan dalam mencegah terjadinya polarisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Mudah-mudahan PAN bisa tampil sebagai mediator, sesuai dengan karakter politiknya yang moderat. Ini akan menjadi jembatan penghubung yang mencegah perpecahan bangsa,” kata Haedar.



https://www.republika.co.id/berita/qupmj4318/mantan-ketum-dan-zulhas-melapor-ke-pp-muhammadiyah