Ma’ruf: Muslim Center of Excellence, wujud kesiapan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pasar halal

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi pusat halal dunia, target terdekat yang harus dipenuhi adalah meningkatkan skala usaha ekonomi syariah di Indonesia dengan meningkatkan kualitas produk dalam negeri.

Menurutnya, diperlukan pusat riset dan kolaborasi untuk pengembangan produk lokal guna memenuhi kebutuhan pasar halal dunia.

“Inisiatif Global Unilever untuk menjadikan Indonesia Muslim Center of Excellence adalah inisiatif yang luar biasa. Ini akan berdampak positif bagi perkembangan produk halal, termasuk untuk memenuhi kebutuhan pasar global Unilever di seluruh Indonesia, ”kata Ma’ruf Amin dalam keterangan yang diterima Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Produk yang direkomendasikan yang dijual selama puasa

Lebih lanjut, Ma’ruf menjabarkan beberapa rencana kerja yang akan dilakukan oleh MCoE, diantaranya kerjasama dengan akademisi dan lembaga penelitian untuk menghasilkan inovasi dan produk yang dibutuhkan oleh konsumen muslim dunia.

Selain itu, pengembangan dan percepatan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belakangan ini menghadapi dampak berat akibat pandemi Covid-19.

“Melalui sinergi berbagai program seperti kemitraan dengan organisasi, instansi, dan asosiasi sektoral strategis lainnya, Unilever Muslim Center of Excellence diharapkan dapat membuat UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian dari rantai nilai global, khususnya produk Unilever global.” Dia menambahkan

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Terdampak Bencana di NTT

Ma’ruf juga mengimbau penguatan industri halal dengan mencakup seluruh potensi industri yang ada.

Selain produk konsumsi seperti makanan dan minuman, industri yang perlu diperkuat antara lain farmasi dan obat tradisional, produk pertanian dan produk protein, pariwisata ramah muslim, fesyen, kerajinan tangan, dan produk kreatif lainnya.

Pasalnya, industri-industri tersebut termasuk penunjang gerak perekonomian nasional.

“Dalam pandemi Covid-19 seperti saat ini, pengembangan sektor potensial ini sangat dibutuhkan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

“Saya berharap program Unilever Muslim Center of Excellence ini dapat diikuti oleh para pelaku industri halal global lainnya, dengan mengambil langkah konkrit dan implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub bagi produk halal dunia,” pungkas Wapres.




Source