Masih Pandemi, Warga Depok Diminta Lebih Dekat dengan Allah

    Allah mengungkapkan bantuan-Nya sangat dekat

    REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Idul Fitri 1552 H, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak umat Islam untuk memaknai momen perayaan Idul Fitri dengan mendekatkan diri pada pertolongan Allah SWT. Apalagi, jelasnya, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

    “Mereka menanyakan kapan pertolongan Allah SWT datang. Dengan kata yang tegas, Allah SWT, jawaban ketahuilah bahwa pertolongan Allah SWT sudah dekat,” kata Idris, saat Khotbah Sholat Idul Fitri 1442 H di kediamannya, di Cilodong, Kota Depok, Kamis (13/5).

    Menurut Idris, Allah SWT dengan tegas dan lugas mengatakan bahwa pertolongan-Nya sangat dekat, karena Allah SWT melihat usaha dan keahlian umatnya. Saat ini, umat Islam di seluruh dunia juga merayakan Idul Firi untuk kedua kalinya saat pandemi Covid-19.

    “Kita sekarang Idul Fitri adalah tahun kedua pandemi Covid-19 dan Allah SWT akan melihat usaha dan kebahagiaan kita yang maksimal,” jelasnya.

    Idris melanjutkan, ada empat indikator istiqomah yang bisa dicontoh dari para sahabat Nabi Muhammad SAW. Pertama, mereka adalah orang-orang yang berorientasi, mengarahkan wajah dan hidupnya kepada Allah SWT.

    Kedua, mereka yang mampu mengendalikan diri dari nafsu yang mengganggu dan menyebabkannya. Selama ibadah puasa, lanjutnya, umat Islam telah mengamalkan syiam atau menahan diri. “Di sanalah orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan diwisuda dan mendapatkan identitasnya pada saat Idul Fitri,” terangnya.

    Kemudian, lanjut Idris, yang ketiga adalah kesabaran, keberanian, ketekunan dalam menghadapi bencana yang diberikan oleh Allah SWT. Keempat, kita harus belajar dari peringatan Allah SWT. “Pandemi Covid-19 yang sedang melanda, bisa jadi peringatan bagi kita, peringatan kelalaian kita dari euforia, euforia suka atau ria yang tidak dinikmati Allah SWT,” pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)




    Source