Masjid Agung Bandung Sediakan Air Minum Gratis

    IHRAM.CO.ID, BANDUNG— Perwakilan Waqf Salman, Hijabfest, dan Famouscarf, salah satu brand hijab lokal di Kota Bandung, mengunjungi Masjid Agung Bandung, Provinsi Jawa Barat, akhir pekan lalu. Mereka bertemu dengan pengurus Masjid Agung Bandung untuk menyerahkan wakaf mesin air minum.

    Hadir pada acara serah terima mesin air tersebut, Sheena Kristina selaku Founder Hijabfest, M Khirzan N Noe’man selaku Direktur Wakaf Salman, dan Komarudin Hidayat selaku DKM Manager Imaroh Masjid Raya Jawa Barat, Bandung.

    Mesin air siap minum yang diserahterimakan itu disebut mesin RO (Reverse Osmosis). Mesin RO merupakan mesin penyaring air yang sumber airnya bisa berasal dari mana saja.

    Air tersebut kemudian diolah sedemikian rupa sehingga siapa saja bisa langsung meminumnya. Dengan mesin air ini, pengunjung masjid atau jemaah setempat hanya perlu membawa wadah minum atau tumblr kosong dan air isi ulang kapan pun dibutuhkan.

    Oleh karena itu, mesin ini dipasang di salah satu sudut strategis Masjid Agung Bandung.

    “Semoga pemasangan mesin air minum wakaf di Masjid Agung Bandung ini bisa bermanfaat bagi warga Bandung dan wisatawan. Kami berharap para pengusaha berkolaborasi untuk memfasilitasi air minum gratis di fasilitas umum lainnya,” kata Mella Arianti, Pemilik Brand Hijab Famouscarf , dalam siaran pers. , Senin (7/6).

    Famouscarf menjadi salah satu brand yang terlibat di dalamnya, yang juga menjadi donatur utama pengadaan mesin RO di Masjid Agung Bandung setelah wakaf senilai 25 juta rupiah.

    “Kerja sama ini saya lakukan dengan Wakaf Salman karena program yang dijalankan mengutamakan kemaslahatan bersama dan luas yang insya Allah penuh berkah,” kata Mella.

    Menurut Direktur Wakaf Salman M Khirzan N Noe’man, Masjid Agung Bandung dipilih karena masjid ini merupakan masjid yang sering dikunjungi masyarakat Jawa Barat. Selain mobilitas keliling yang tinggi, masjid ini juga menjadi tujuan para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

    “Semoga kita bisa bersama-sama mengawal, mempromosikan dan membantu program Wakaf Mesin Air seperti ini untuk terus disalurkan di titik-titik strategis di Bandung dan Jawa Barat,” ujarnya.

    Dengan begitu, kata dia, Kota Bandung bisa sejajar dengan kota-kota besar di luar negeri yang menyediakan air siap minum di fasilitas umum. Manfaatnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat Bandung dan pendatang/wisatawan yang datang ke Bandung.

    Sebagai inisiator pengadaan mesin RO, kata Khirzan, Waqf Salman mengucapkan terima kasih kepada Hijabfest dan Famouscarf. Mesin RO ini merupakan kontribusi dari acara Indonesia Hijabfest, acara kolaborasi antara Waqf Salman dan Hijabfest yang diadakan beberapa waktu lalu di Bandung.

    Sebenarnya, menurut Khirzan, kehadiran mesin RO ini bukan yang pertama di Bandung. Masyarakat juga dapat menemukan mesin ini di lokasi-lokasi strategis yang biasanya banyak dikunjungi jamaah, seperti Masjid Al Lathif, Masjid Agung Trans Studio Bandung, Masjid Lautze 2 Bandung, dan lokasi lain yang telah dipasang mesin RO.

    Selain itu, siapapun yang berkunjung ke Bandung dapat menggunakan fasilitas ini. Seperti turis, pejalan kaki, dan pengendara yang terkadang kehausan di jalan.

    “Semua orang bisa minum air dari mesin RO asalkan membawa wadah minum sendiri, sehingga lebih aman dan nyaman mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir,” jelasnya.

    Akhirnya, kata dia, mesin air siap minum ini dapat disalurkan dengan dukungan berbagai pihak, terutama para donatur dan wakif. Diantaranya, Hijabfest, Famouscarf, DKM Masjid Agung Bandung, dan Umi Oded, tamu undangan dan rekan media yang turut hadir.

    Demi manfaat yang lebih luas, kata Khirzan, Wakaf Salman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling berbagi informasi dan berdonasi untuk membantu sesama. “Masyarakat bisa bergabung dengan channel khusus yang disediakan Wakaf Salman untuk mendapatkan berita kajian, ceramah wakaf, atau berita positif lainnya. Caranya, klik link https://t.me/wakafsalman yang akan terhubung dengan channel Telegram ,” dia berkata. N Arie Lukihardianti



    https://www.ihram.co.id/berita/qubnlt385/masjid-raya-bandung-sediakan-air-minum-gratis