Mayat Prajurit Tiongkok dalam Perang Korea Dikembalikan

    Pada tahun 2014, Korea Selatan setuju untuk memulangkan jenazah tentara China yang tewas selama perang.

    REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Jenazah tentara Tiongkok dalam Perang Korea 1950-1953 telah dikembalikan. Penyerahan tersebut dilakukan dengan upacara yang digelar di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Korea Selatan) pada Kamis (2/9).

    Pesawat yang membawa jenazah dan barang-barang terkait tentara Tiongkok itu dijadwalkan tiba di Shenyang, Provinsi Liaoning. Menurut Kementerian Pertahanan Korea Selatan, ada 109 mayat dan 1.226 peninggalan terkait yang digali dari enam wilayah di Negeri Ginseng itu antara tahun 2019 hingga 2020.

    Pada tahun 2014, Korea Selatan setuju untuk memulangkan jenazah tentara Tiongkok yang tewas selama Perang Korea 1950-1953. Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan langkah ini sesuai dengan hukum internasional dan semangat kemanusiaan.

    Dalam Perang Korea, pasukan Tiongkok terlibat dengan melancarkan serangan terhadap pasukan Amerika Serikat (AS) dan Republik Korea (ROK). Saat penyerangan ini dilakukan, pasukan AS dan Korea Selatan akhirnya harus meninggalkan Korea Utara (North Korea).

    Perang Korea adalah salah satu peristiwa paling tak terlupakan di dunia. Tak sedikit tentara yang tewas tidak berada di dalam negeri, yang membuat Korsel melakukan langkah kemanusiaan dengan menyerahkan jenazah tentara China, termasuk peninggalan terkait saat perang.



    https://www.republika.co.id/berita/qyu0hs368/jenazah-tentara-china-dalam-perang-korea-dikembalikan