Mayones Lebih Sehat dari Margarin, Benarkah?

    Banyak orang suka menggunakan produk olesan seperti margarin, mentega, atau mayones.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Makanan yang tidak sehat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol yang berpotensi memicu penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, memilih makanan sehat untuk menu sehari-hari sangatlah penting.

    Salah satu yang bisa diganti dengan pilihan yang lebih sehat adalah produk olesan. Banyak orang suka menggunakan olesan populer seperti margarin, mentega, atau mayones untuk dimakan bersama makanan pokok.

    Konsultan medis Nigeria, Oluwajimi Sodipo, menjelaskan perbandingan tingkat kesehatan antar produk. Menurut Sodipo, mayones adalah pilihan yang lebih sehat daripada margarin.

    Dia mengatakan lemak trans yang terkandung dalam margarin meningkatkan kadar kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik. Akibatnya, bisa terjadi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

    “Kandungan dalam mayones sebaliknya meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan risiko gangguan kardiovaskular,” ujarnya. Nairametrics, Minggu (29/8).

    Ketua Lagos Medical Guild mengatakan bahwa bahan utama dalam margarin, yaitu minyak kelapa sawit, dikaitkan dengan berbagai risiko gangguan kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah banyak.

    Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi minyak sawit dikaitkan dengan peningkatan kematian akibat penyakit jantung iskemik. Demikian juga, peningkatan kolesterol lipoprotein densitas rendah dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

    Sebagai perbandingan, sebagian besar produk mayones terbuat dari minyak kedelai. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya membantu mengontrol kadar kolesterol dan memperbaiki kulit dan penglihatan.

    Ada juga vitamin E yang berperan sebagai antioksidan kuat dan melindungi kulit dari radikal bebas. Asam lemak omega 3 mendukung membran sel, termasuk area mata dan kulit.

    Kepala Departemen Kedokteran Keluarga Rumah Sakit Pendidikan Negeri Lagos itu juga menjelaskan kandungan mayonaise yang menyehatkan lainnya, yakni telur. Secara umum, telur merupakan sumber protein yang baik.

    Telur juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan selenium yang penting untuk membantu perkembangan otot dan tulang. Nutrisi di dalamnya juga baik untuk mendukung kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan penglihatan.

    Semua kombinasi ini bermanfaat bagi anak-anak yang berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan serta penduduk lanjut usia. Terlepas dari komposisi mayones yang bergizi, keserbagunaannya membuat produk ini sangat populer.

    Mayones dapat digunakan sebagai olesan pada sandwich, roti, atau makanan ringan, serta saus salad. Sejumlah resep dibuat menggunakan campuran mayones.



    https://www.republika.co.id/berita/qyl70i425/mayones-disebut-lebih-sehat-dari-margarin-benarkah