Mbappe, Messi dan Lewandowski, benih Ballon d’Or 2021

Penilaian tersebut didasarkan pada performa dan kontribusi pemain untuk klub.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Setelah absen selama setahun akibat pandemi Covid-19, ajang penghargaan pesepakbola terbaik dunia, Ballon d’Or, direncanakan digelar kembali. Di ajang Ballon d’Or 2021, setidaknya ada tiga nama pemain yang masuk nominasi salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia.

Musim lalu, striker Bayern Munich Robert Lewandowski menjadi pemain paling bersinar. Selain sukses mengantarkan Die Bayern meraih tiga gelar sekaligus, penyerang asal Polandia itu juga mampu tampil impresif dengan torehan 55 gol dalam 47 pertandingan. Penghargaan pesepakbola terbaik 2020 oleh FIFA akhirnya disambar oleh Lewandowski.

Sayangnya, Lewandowski gagal mengawinkan gelar pemain terbaik versi FIFA dengan penghargaan Ballon d’Or. Pasalnya, penyelenggara Ballon d’Or memutuskan untuk tidak menggelar penghargaan Ballon d’Or pada 2020 karena pandemi Covid-19. Bahkan, banyak pihak menilai Lewandowksi layak meraih penghargaan France Football.

Meski begitu, musim ini persaingan perebutan gelar Ballon d’Or seolah terbuka lebar. Laman Sportskeeda pada Kamis (22/4) juga telah membuat daftar pemain yang pantas dinominasikan dan akhirnya mendapatkan penghargaan Ballon d’Or 2021.

Dari 10 nama yang masuk daftar, ada tiga nama yang menempati posisi teratas. Mereka adalah penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, penyerang Barcelona Lionel Messi dan Lewandowski. Penilaian tersebut tentunya berdasarkan performa dan kontribusi yang telah diberikan para pemain tersebut kepada klub masing-masing musim ini, mulai hingga April 2021.

– Kylian Mbappe

Striker berusia 22 tahun itu terbukti menjadi aktor sentral kesuksesan PSG melaju ke semifinal Liga Champions. Setelah mencetak hattrick di Stadion Camp Nou dan memimpin PSG menyingkirkan Barcelona, ​​4-2, di babak 16 besar, Mbappe menyumbangkan dua gol saat PSG membungkam Munich, 3-2, di leg pertama kuarter tersebut. -final. Pada akhirnya, PSG berhasil menyingkirkan sang juara bertahan Liga Champions usai memenangi agresivitas gol tandang.

Secara keseluruhan, Mbappe telah mencetak 35 gol dan 10 assist dari 41 penampilan di semua kompetisi. Dengan memiliki tren positif pada performa Mbappe, bukan tidak mungkin eks penyerang AS Monaco itu bisa menambah jumlah golnya di sisa musim ini.

– Lionel Messi

Terlepas dari berbagai polemik soal kelanjutan kiprahnya bersama Barcelona di awal musim ini, Messi tetap menjadi pemain andalan Blaugrana musim ini. Meski gagal membawa Blaugrana bertahan di Liga Champions, pemain berjuluk La Pulga itu berhasil mempersembahkan gelar Copa del Rey musim ini dan membawa Barcelona terlibat langsung dalam perburuan gelar La Liga.

Meski sempat kesulitan menemukan performa terbaiknya di awal musim ini, Messi terbukti mampu bangkit kembali pada 2021. Di final Copa del Rey, pemain dengan koleksi Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah itu mencetak gol. dua gol dan membawa Barca membungkam Athletic Bilbao, 4-0. Messi telah membukukan 31 gol dan 13 assist dalam 40 penampilan di semua kompetisi. Dari 31 gol tersebut, 21 gol dicetak oleh Messi pada tahun 2021.

– Robert Lewandowski

Kegagalan Munich mempertahankan gelar Liga Champions musim ini kemungkinan akan membuat peluang Lewandowski meraih gelar Ballon d’Or semakin tipis. Meski demikian, eks penyerang Borussia Dortmund itu terbukti mampu mempertahankan performa konsisten di level individu. Setelah mencetak 55 gol dalam 47 penampilan musim lalu, Lewandowski masih berada di jalur yang benar untuk mengulangi performa tersebut.

Musim ini, Lewandowksi mengemas 42 gol dan delapan assist dari 36 penampilan di semua kompetisi. Penampilan ini membawa Lewandowksi mengulang catatan tiga penampilan terbaiknya sejak resmi berseragam Munich pada 2014. Selain torehan 55 gol di musim lalu, Lewandowski telah mencetak 43 gol dalam satu musim, tepatnya di tahun 2016 / Musim 2017.




Source