Melalui Kerajinan Bengok, Firman Memberdayakan Masyarakat Mengubah Eceng Gondok Menjadi Produk Berkelas

    TRIBUNNEWS.COM – Untuk membuat perubahan yang berdampak besar, seringkali seseorang harus berani memiliki ide yang unik dan berbeda.

    Hal ini dilakukan oleh Firman Setyaji (30), pendiri dari Bengok Craft, sebuah bisnis kerakyatan yang lahir dengan misi mengolah eceng gondok menjadi barang berharga, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

    Berawal dari kreativitas, Firman dan Bengok Craft berhasil mengangkat kelas tanaman eceng gondok yang cenderung dianggap tidak berguna dan merusak lingkungan menjadi kerajinan yang berkualitas.

    Firman memulai bisnis Kerajinan Bengok pada Januari 2019. Sepulang dari ibu kota ke kampung halamannya di Semarang, lulusan Kriminologi Universitas Indonesia ini menyadari potensi yang bisa dikembangkan dari eceng gondok yang banyak tumbuh di sekitar Rawa Pening.

    Saat itu, Firman mulai memperhatikan bagaimana orang, dari tua hingga muda, hilir mudik mengambil eceng gondok, mengeringkannya, lalu menjualnya dalam bentuk mentah.

    Firman kemudian merasa ada yang bisa dilakukan dari ekosistem yang ada untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. “Saya pikir ini bisa ditingkatkan, tidak hanya menjual bahan mentah, tetapi meningkatkannya menjadi ekosistem barang jadi,” tambahnya.

    Kemudian, ia mulai melakukan penelitian untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi Rawa Pusing. Ia kemudian menemukan bahwa di kalangan masyarakat, khususnya generasi milenial, ada ketertarikan terhadap produk-produk unik yang terbuat dari bahan-bahan alami

    Inspirasi inilah yang mendorongnya untuk memulai Bengok Craft, sebuah ruang kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mengolah eceng gondok menjadi kerajinan yang bernilai.

    Saat ini, Word telah menciptakan puluhan produk kerajinan untuk Kerajinan Bengok, seperti tas, tas jinjing, baju, sandal, kasus ponsel, topi, hingga buku.

    Pandemi adalah pelajaran



    https://www.tribunnews.com/regional/2021/08/26/lewat-bengok-craft-firman-berdayakan-masyarakat-olah-eceng-gondok-jadi-produk-berkelas