Memicu keramaian, Ancol, TMII dan Ragunan tutup, besok buka baru, Evaluasi Program Dinas Kesehatan Pariwisata

    Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk sementara waktu menutup tiga kawasan usaha pariwisata.

    Ketiganya antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

    “Penutupan sementara ini akan dilakukan pada 16-17 Mei 2021 dan diizinkan untuk dibuka kembali pada 18 Mei 2021,” kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (16/5/2021).

    Baca juga: Kritik Massa Idul Fitri di Ancol, PSI: Survei Pilpres Anies Bakal Turun

    Baca juga: Pengunjung Ancol membengkak, Anies dinilai tertipu

    Dia mengatakan, penutupan sementara diberlakukan untuk memperkuat protokol kesehatan.

    Mengingat ketiga kawasan wisata tersebut menjadi rujukan warga menghabiskan libur Idul Fitri 1442 H.

    Suasana ramai warga Jakarta berwisata di hari pertama Idul Fitri 1442 Hijriah di Pantai Lagon, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (13/5/2021). Taman Impian Jaya Ancol akan tetap buka pada libur Idul Fitri kali ini, namun hanya menerima warga yang memiliki KTP Jakarta dengan membeli tiket secara online. Pengunjung dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas Ancol dan harus mematuhi protokol kesehatan. Berita Kota / Henry Lopulalan (Berita Kota / Henry Lopulalan)

    “(Penutupan sementara) Berdasarkan hasil evaluasi, terjadi peningkatan pengunjung pada 14-15 Mei 2021. Kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Kebun Binatang Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata untuk dua orang tersebut. hari, “kata Gumilar.

    Lebih lanjut, Gumilar juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan masyarakat agar tidak melonggarkan tata tertib kesehatan selama libur lebaran ini agar tidak ada lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta.

    “Ini perlu kerja sama. Semoga kedepannya baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat tidak lepas dalam melaksanakan protokol kesehatan. Kita akan terus evaluasi pembukaan tempat wisata di Jakarta,” pungkasnya.

    18 Mei Ancol Dibuka, Tapi Wisatawan Tak Bisa Berenang di Pantai




    Source