Memperingati Kehidupan Pangeran Philip dari 1921-2021

Pangeran Philip meninggal di Kastil Windsor, Inggris, pada Jumat (9/4) waktu setempat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pangeran Philip, Duke of Edinburgh telah meninggal di usia 99 tahun. Suami Ratu Elizabeth meninggal di Kastil Windsor, Jumat (9/4).

‚ÄúDengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan tenang pagi ini di Kastil Windsor, “tulis akun Twitter Istana Buckingham, dengan mengunggah foto Pangeran Philip.

Para bangsawan senior sebelumnya dirawat di rumah sakit King Edward VII di London pada 16 Februari atas saran dokternya. Selama hampir sebulan, Duke of Edinburgh berada di bawah perawatan medis. Ini bukan pertama kalinya Duke of Edinburgh dirawat di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2011, dia dirawat karena penyumbatan arteri koroner, dan pada 2012, dia melewatkan perayaan Queen’s Diamond Jubilee karena infeksi kandung kemih.

Dia juga menghabiskan waktu di rumah sakit pada Desember 2019. Pasangan kerajaan itu jarang terlihat di depan umum pada tahun lalu, dengan pandemi virus korona yang sedang berlangsung. Pangeran Philip, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada bulan Juni, secara resmi pensiun dari layanan publik pada tahun 2017.

Dilaporkan Independen pada Jumat (9/4), mengikuti kehidupan Duke of Edinburgh sejak lahir di Pulau Yunani hingga posisinya sebagai anggota senior rumah tangga kerajaan.

10 Juni 1921

Pangeran Philip lahir di Corfu, di meja ruang makan Villa Mon Repos. Ia adalah putra HRH Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg, keponakan Raja Constantine I dari Yunani, dan cicit Ratu Victoria.

5 Desember 1922

Bayi pangeran dibawa pergi dari Corfu dalam sebuah kotak jeruk. Keluarganya melarikan diri ke Paris, tempat mereka tinggal di pinggiran St. Cloud.

1928

Pangeran Philip bersekolah di Sekolah Cheam di Surrey, tinggal bersama neneknya, Putri Victoria, di Istana Kensington dan dengan paman George Mountbatten di Berkshire.

1930

Pernikahan Pangeran Andrew dan Putri Alice selesai. Alice dikirim ke rumah sakit jiwa, penderita skizofrenia.

1934

Philip mendaftar di sekolah Skotlandia, Gordonstoun. Dia bertemu dengan calon Ratu Elizabeth II untuk pertama kalinya di pernikahan salah satu sepupunya dengan Duke of Kent.

18 April 1939

Philip mulai di Royal Naval College di Dartmouth, di mana dia akan dinamai kadet terbaik.

Juli 1939

Menjelang perang, Philip dan Putri Elizabeth bertemu lagi di Dartmouth selama kunjungan keluarga Kerajaan. Philip diminta oleh pamannya, Lord Mountbatten, untuk menjadi pendamping Ratu masa depan, dan romansa berkembang.




Source