Menatap perangkat terlalu lama membuat mata lelah, berikut cara memperbaikinya!

    Parapuan.co – Saat terjadi pandemi, sebagian besar aktivitas kita dilakukan secara online ya sobat. Dari belajar, bekerja, hingga bertemu teman, semuanya dilakukan secara online menggunakan perangkat.

    Ini mungkin tidak pernah kita sadari, tetapi terlalu lama menatap perangkat bisa membuat mata menjadi terasa kering, tegang, gatal, perih dan penglihatan kabur. Jika kita mengalami gejala tersebut, artinya mata kita lelah.

    Tak hanya gejala ringan, beberapa di antara kita bahkan mengalami sakit kepala hingga mual karena mata lelah. Sepertinya sepele, ini harus segera diselesaikan sobat.

    Ada beberapa cara mengatasi mata lelah yang bisa kita lakukan. Intip penjelasannya berikut ini, ayo!

    Baca juga: Sering dianggap sama, inilah perbedaan intoleransi laktosa dan alergi susu


    Atur Cahaya yang Tepat

    Melihat layar perangkat dan membaca buku pasti dilakukan dengan pencahayaan yang tepat lho, sobat. Kondisi ruangan yang terlalu terang atau terlalu redup bisa membuat mata mudah lelah dan sakit kepala.

    Saat membaca sesuatu dari dekat, posisikan cahaya dari belakang dan arahkan sumber cahaya ke bahan bacaan. Sedangkan jika kita membaca di meja, gunakan lampu meja yang teduh dan hindari menggunakan cahaya langsung yang menyinari mata.

    Untuk layar perangkat, sesuaikan juga tingkat kecerahan agar layar tidak terlalu silau atau terlalu gelap.




    Source