Mendekorasi Rumah Jelang Ramadhan, Apa Hukumnya?

Kedatangan Ramadhan kerap dimeriahkan dengan berbagai dekorasi di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perayaan suatu hari atau momen penting kerap dimeriahkan dengan pembuatan berbagai dekorasi di rumah atau di suatu area. Begitu juga bulan suci Rmadhan yang akan datang dalam waktu dekat.

Beberapa orang menyapanya dengan mendekorasi rumah mereka untuk merayakan Ramadhan. Kebiasaan ini menimbulkan pertanyaan tentang hukum dalam Islam.

Bisakah seorang Muslim mendekorasi rumahnya untuk merayakan Ramadhan? Apakah tradisi ini tergolong bid’ah atau hal baru dalam agama terlarang?

Berikut penjelasannya yang dikutip dari Islamweb.net Menurut para ahli.

Mendekorasi dengan tujuan memeriahkan suasana Ramadhan

Mendekorasi rumah atau lingkungan sekitar rumah jika dimaksudkan untuk mencerminkan suasana ceria di bulan suci Ramadhan khusus, maka hukumnya diperbolehkan. Namun, jika tindakan mendekorasi rumah dijadikan bagian dari ibadah Ramadhan, maka hal tersebut tidak diperbolehkan.

Jadi, mendekorasi rumah menjelang atau saat Ramadhan boleh saja asalkan dimaksudkan untuk memeriahkannya. Tidak dibenarkan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan wajib jika tidak dilakukan seolah-olah puasa anda semakin berkurang. Hal ini karena dilarang berbaikan dalam urusan ibadah yang bisa berujung pada bid’ah.

Rasulullah SAW berkata,

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa melakukan amalan yang bukan dari kami, maka amalan itu ditolak” (HR Muslim).




Source