Mengantisipasi SOTR, Polisi Akan Memblokir Jalan dari Bundaran Senayan hingga Zona Harmoni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polda Metro Jaya akan memblokir jalan dari Bunderan Senayan, Jakarta Selatan menuju Harmoni, Jakarta Pusat selama bulan Ramadhan tahun 2021.

Pengisolasian dilakukan mulai pukul 23.00 hingga 05.00 WIB terkait sahur di jalan raya.

“Masalah sahur di jalan raya benar-benar dieliminasi, karena ini upaya memutus rantai Covid-19. Kita berharap masyarakat bisa melindungi Rp 5 miliar, salah satunya menghindari keramaian,” kata Kabag Humas Kompol Yusri Yunus Polda Metro Jaya di Jakarta. , Sabtu (10/4/2021).

Yusri mengatakan, pihaknya juga akan melakukan patroli bersama dengan TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk membubarkan jika ada keramaian saat di jalan sahur.

“Kita ambil jalur hukum, kita lakukan tindakan hukum di sana. Oleh karena itu sebagai sosialisasi kepada masyarakat dalam menghadapi puasa ini, kami tegaskan bahwa SOTR tidak ada. Lebih baik di dalam negeri,” pungkasnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Masjid Agung Al-Azhar Gelar Bukber Drive-Thru

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi mengeluarkan peraturan tentang pengendalian transportasi selama periode Idul Fitri 2021 dalam mencegah penyebaran Covid-19, melalui Peraturan Menteri (PM) Nomor 13 Tahun 2021.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, dalam PM Nomor 13 Tahun 2021 pihaknya secara tegas melarang penggunaan transportasi di semua moda mulai dari darat, laut, udara, dan kereta api.

“PM ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Kemudian, PM ini juga mengatur tentang pengecualian angkutan yang boleh melakukan mobilitas selama libur Lebaran,” kata Adita dalam jumpa pers virtual, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, Adita juga menyatakan bahwa dalam PM Nomor 13/2021, ketentuan pergerakan angkutan pada periode 6-17 Mei 2021 juga akan diatur di kawasan aglomerasi.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan di sektor transportasi jalur darat, pihaknya akan melarang kendaraan umum seperti bus yang mengangkut penumpang dan juga bepergian ke luar daerah selama periode mudik Lebaran 2021.




Source