Mengintip Dunia Muslim Igbo di Nigeria Tenggara

    IHRAM.CO.ID, ABUJA — Isa Okonkwo selaku Direktur Administrasi Nigerian Supreme Council for Islamic Affairs (NSCIA), mengenang saat ia memutuskan untuk membangun masjid di komunitas Apu-Ugo. Daerah ini mayoritas beragama Kristen di Negara Bagian Enugu.

    “Saya mendapat tanah dari ayah saya ketika saya masih tinggal di desa saya, di Apu-Ugo. Tanah itu diberikan kepada saya dan saudara-saudara saya,” katanya seperti dikutip dalam Kali Premium Nigeria, Jumat (24/9).

    Okonkwo memutuskan untuk menggunakan sebagian tanah untuk membangun masjid pertama di daerah tersebut. Mendengar keputusan ini, anggota keluarga memberontak. Mereka berpikir masjid adalah cara halus untuk menarik Boko Haram

    Akibat penolakan yang didapatnya, ia mengatakan trauma yang dirasakannya lebih baik dibayangkan daripada dialami. Okonkwo adalah Direktur Sekolah Studi Arab dan Islam, Negara Bagian Ebonyi, yang berafiliasi dengan Liga Dunia Islam di Arab Saudi. Namun, status ini tidak menutup kemungkinan adanya penolakan dari masyarakat atas keputusannya.

    Insiden itu terjadi pada puncak pemberontakan Boko Haram di Nigeria utara. Boko Haram, secara resmi dikenal sebagai Jamā’at Ahl as-Sunnah lid-Dakwah wa’l-Jihād, adalah organisasi teroris dengan kehadiran signifikan di timur laut Nigeria.



    https://www.ihram.co.id/berita/qzxvma313/mengintip-dunia-muslim-igbo-di-tenggara-nigeria