Menjelang Inggris vs Jerman: Pembalasan Lama Southgate

TRIBUNNEWS.COM — TIMNAS Inggris akan menghadapi Jerman di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Dulu, Jerman menjadi mimpi buruk bagi Inggris saat menghadapi fase knockout turnamen besar.

Sedikit keberuntungan bagi timnas Inggris karena pada babak 16 besar Euro 2020 pertandingan akan digelar di Stadion Wembley, Selasa (29/6) malam.

Tim berjuluk Tiga Singa itu menghadapi rekor buruk di laga melawan Jerman. Ketika mereka menghadapi Jerman di babak sistem gugur, mereka belum pernah menang sejak 1966.

Sejak memenangkan gelar dunia di Piala Dunia 1966 dengan mengalahkan Jerman 4-2 di final, Inggris telah kalah dalam empat pertemuan mereka melawan Die Mannschaft di babak sistem gugur turnamen besar, termasuk Piala Dunia dan Piala Eropa.

Baca juga: Inggris vs Jerman Euro 2021: Sancho & Bellingham Menjadi Kartu Tiga Singa AS Melawan Der Panzer

Mereka menyerah 2-3 di perempat final Piala Dunia 1979, kalah di semifinal Piala Dunia 1990 lewat adu penalti dengan skor 4-5, kalah di semifinal EURO 1996 juga lewat adu penalti dengan skor 6-7, dan terakhir. Inggris kalah 1-4 di babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Begitu juga dengan sejarah pelatih Inggris saat ini, Gareth Southgate secara pribadi. Dia masih merasakan dendam lama di semifinal EURO ’96. Saat itu, Southgate menjadi penendang penalti yang tembakannya gagal sehingga Inggris kalah 6-7.

Bahkan setelah menjadi pelatih Inggris, Southgate belum pernah bisa menang melawan Jerman. Dalam rekor pertemuan melawan Jerman, Southgate telah menghadapi Jerman dua kali dalam pertandingan persahabatan. Satu pertandingan berakhir imbang dan yang lainnya berakhir dengan kekalahan.

Baca juga: Liga Premier: Pujian Tinggi Arsene Wenger untuk Kualitas Hebat Paul Pogba

Maka tidak berlebihan jika Southgate mengatakan kepada para pemainnya jika mereka menang atas Jerman di Piala Eropa kali ini, ini adalah sejarah baru dalam rivalitas Inggris dan Jerman.

Ia berpesan kepada para pemainnya agar mampu mengukir sejarah untuk menghapus rekor buruk Inggris yang selalu kalah di fase knockout turnamen besar. Dia mencoba untuk meningkatkan harapan Inggris untuk keluar dan bermain tanpa rasa takut.

Mereka menilai, lini pertahanan mereka saat ini solid. Rekor terakhir di Stadion Wembley dengan 13 kemenangan dari 15 pertandingan terakhir menjadi alasan bagi mereka untuk percaya dan percaya.



https://www.tribunnews.com/superskor/2021/06/29/jelang-laga-inggris-vs-jerman-dendam-lama-southgate