Menlu Retno Bertemu Menlu Iran, Ini Yang Dibahas

    Zarif memuji 70 tahun hubungan persahabatan antara Iran dan Indonesia.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengunjungi Jakarta, Indonesia, Senin (19/4). Zarif bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membahas berbagai masalah termasuk hubungan bilateral kedua negara.

    Meluncurkan situs resmi Kementerian Luar Negeri Iran (Kemenlu), dalam pertemuan tersebut, Zarif memuji 70 tahun hubungan persahabatan Iran dan Indonesia. Zarif pun memuji Indonesia atas prinsip-prinsipnya di Dewan Keamanan PBB dalam membela Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) atau kesepakatan nuklir 2015 untuk mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan 2231.

    “Menteri Luar Negeri Iran menyatakan sukses dengan meningkatkan hubungan perdagangan antara kedua negara,” kata Zarif menurut Kementerian Luar Negeri Iran.

    Zarif menunjuk pada kapasitas besar untuk hubungan bisnis bilateral, dan menyoroti kebutuhan untuk mempercepat penyelesaian perjanjian perdagangan preferensial antara kedua negara. Dia juga mengungkapkan kesiapan pihak Iran untuk melanjutkan negosiasi dalam masalah ini.

    Mendukung hukum internasional serta bertukar pandangan tentang perkembangan terbaru dalam proses perdamaian Afghanistan adalah di antara masalah-masalah lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut baik kedatangan Zarif dengan terus membicarakan keadaan berbagai kerjasama bilateral antara Indonesia dan Iran.

    “Senang sekali bisa menyambut Menlu Mohammad Javad Zarif @Jarif kembali ke Jakarta (19/04). Diskusi yang bagus tentang keadaan berbagai kerjasama bilateral antara Indonesia dan Iran,” ujar Menlu Retno melalui Twitter resminya, kemarin.

    Kementerian Luar Negeri RI mencatat, kedua menteri luar negeri membahas kerja sama kedua negara di bidang kesehatan dan ekonomi, terutama dalam upaya bersama mengatasi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi.




    Source